Ada kesalahan di dalam gadget ini

Selasa, 28 Juli 2015

Me and Laparoscopy

Yap, judul postingan ini Me and Laparoscopy. Saya nulis ini masih di klinik, nunggu lepas infus n kateter trus nanti mlm pulang.
Seblom sy crt ttg gmn pengalaman sy laparoscopy, sy cerita dulu latar belakangnya. Bulan Mei 2014, sebulan before merid sy udh pernah cek pramarital, di-USG kandungan sy bersih, ga ada kista, miom, dsb.
Trs bulan Juni sy merid. Agustus 2014 sy mau program hamil, trs cek lg ke SpOg, trnyt ditemukan kista 6.6 cm di ovarium kiri, dan di ov kanan lebih kecil. Jujur sy shock, speechless d dpn dokter (udh dktrnya agak jutek gt, ga mnghibur pasien, etc), suami sy jg shock. Sepanjang jln sy cm diem aja, sampe d rmh baru nangis di pelukan suami. Suami berusaha nenangin n myakinkan klo pasti kami bs pny anak, kista itu gak bahaya.
Sejak ketauan ada kista itu, sy ttp kerja, urus RT sprti biasa krn mmg sy ga ada keluhan sakit or nyeri hebat pas haid, klo haid ya biasa aja, msh bs beraktivitas normal. Kami jg sepakat bwt cari solusi lain selain operasi, bagi kami operasi itu jln terakhir.
Pengobatan non medis yg udah sy lakukan bnyk: terapi akupresur di 2 tempat, sari teripang, jintan hitam, biotera, shinshe, rebusan daun sirsak, seduhan kunyit putih, sup ghobo. Pengobatan medis non operasi udh sy ambil jg, obat hormonal slm 3 bulan. Semuanya gak memberi hasil. Ukuran kistanya msh ttp sama. Oya, sy jg sdh konsul ke 5 dokter berbeda, 4 diantaranya recommend operasi, laparoscopy atau laparotomi. 1 dokter mmberikan terapi hormonal. Bisa dibilang krn kistanya ketauan saat ukurannya sdh besar, dia jd bandel bgt, gak mau pergi2 dr tubuh saya.
Singkat cerita, kami diskusi dan akhirnya kami sepakat mau laparoscopy aja.
Trus kami konsul kembali ke SpOg yg periksa sy wkt premarital, krn beliau punya sub-spesialis di bidang fertility. Setelah 2x konsul, kami dijadwalkan untuk laparoscopy kapan dan dimana. Sy jg harus melakukan pemeriksaan darah mcm2, ECG dan thorax Pa. Puji Tuhan hasilnya semua baik, dan setelah konsul dengan dokter anestesi sy dipastikan layak melakukan laparoscopy dengan bius total. Sy akan laparoscopy di klinik Sekar Muwardi, klinik khusus infertilitas.
Akhirnya hari yg direncanakan tiba, tgl 27 Juli sore sy udah opname untuk persiapan puasa, kuras isi perut, dsb, besok paginya tgl 28 sy akan dioperasi.
Tgl 28 Juli subuh, sy sdh dibangunkan suster untuk mandi biar badan seger. Trs sy dipasangi infus. Untunglah pasang kateternya dilakukan setelah sy dibius, krn itu lebih sy takutkan drpd operasinya.
Jam 8.25 sy sudah diantar ke ruang operasi, dan 8.30 akan dimulai operasinya. Di ruang operasi yg begitu dingin, sy berbaring sambil liat alat2nya, sedikit ngeri tp sy berserah pada Tuhan. Petugas medis menyuruh saya untuk pejamkan mata dan berdoa, sy cm ingat sempat berdoa begini "Tuhan sy berserah untuk operasi ini, hadirlah menuntun tangan dokter dan petugas medis di sini...", setelah itu sy tdk ingat apa2 lagi krn pengaruh obat bius.
Jam 11.15 sy dibangunkan suster dan saya sadar, sudah dipakaikan baju dan diselimuti hangat. Jam 11.30 saya sudah didorong kembali ke kamar. Saya liat mama, suami, dan cicik saya yg menunggui operasi, setelah itu sy tertidur lg krn msh nge-fly setelah dibius. Hari itu saya baru boleh minum sedikit jam 5 sore, dan mulai makan jam 7 mlm. Jd genap 19 jam saya puasa.
Lapar sih, tp cm bs makan sedikit krn perut rasanya begah terisi udara. Dokter mengangkat 2 kista di kedua ovarium saya, dan miom di dalam rahim, ada perlengketan antara rahim dan usus jg, tp sudah sekalian dibersihkan. Jenis kista sy adlh kista coklat endometriosis, sampe sekarang pun dunia medis belum menemukan secara pasti apa penyebabnya. Ada yg blg hormonal, makanan, dsb. Puji Tuhan tdk ada penyumbatan apapun pada kedua saluran tuba sy. Sekarang kista dan miomnya sedang diperiksa di lab patologi untuk dipastikan ganas tidaknya, semoga saja tdk ganas.
Dokter jg menyarankan untuk suntik hormon 2 x setelah ini, karena 15% dari penderita kista setelah dioperasi pun akan kambuh lagi. Suntik hormon ini untuk mematikan sel2 kista yg mungkin terlewat dr mata dokter ketika mengoperasi.
Saya nurut aja apa kata dokternya, setelah itu sy akan segera program hamil.
Sy bersyukur pemulihan saya bisa dibilang cepat, jam 7 mlm sy sdh bs belajar duduk, dan makan sendiri. Besok paginya sy mnt belajar jalan sm suster, dan puji Tuhan sy sdh kuat, nggak pusing atau mual. Cuma ttp beda aja kondisi sehat dan pasca operasi, jalan dan aktivitas sebentar aja rasanya capek sekali. Butuh proses memang.
Saat ini sy masih istirahat sembari menunggu dilepas alat2nya dan nanti pulang, harus banyak istirahat spy cpt pulih.
Buat readers yg juga divonis kista dan disarankan laparoscopy, jangan tunda2 karena kista mmg menghalangi terjadinya kehamilan krn sel telur yg dikeluarkan tdk bs matang. Memang lebih mahal biayanya, tetapi menurut sy laparoscopy lebih dianjurkan karena resikonya minimal sekali. Lukanya ada 3 titik selebar 2cm, 1 di atas pusar untuk memasukkan kamera dan 2 di kanan kiri untuk memasukkan alat. Pendarahannya pun sedikit, bahkan ada yg tdk mengalami pendarahan sama sekali. Karena luka yg kecil maka pemulihannya juga lebih cepat dan tdk perlu menunggu lama2 untuk program hamil.
Sekian cerita saya ttg laparoscopy yg sdh sy alami.
Praise the Lord !

Selasa, 27 Januari 2015

Wisata Kuliner with Hubby (Part 1: Mie Aceh Meuligoe)

Hai readers ! Udah seabad rasanya gak blogging :D
Kali ini aku mau mulai nulis ttg wisata kulinerku sama hubby divwilayah Solo aja, walo qta dah dr kecil di Solo tp ternyata banyak tempat kuliner yg belum pernah qta jamah berdua. Kenapa aku n hubby kepengen wisata kuliner ? Becoz qta sama2 suka makan, buat refreshing setelah sehari-hari buka toko, n jg bwt referensi kalo ada temen luar kota yg butuh info soal kuliner solo. Qta dah bikin daftarnya, mana aja yg qta mau datengin bwt nyoba menunya, n pasti daftar ini akan terus nambah seiring qta bnyk puterin kota Solo n jd inget mana lg yg blm ditulis :D
Wiskul pertama qta di t4 yg deket2 rmh aja, yaitu di Mie Aceh Meuligoe di Jl. Kapt. Tendean Nusukan Solo.
Dari pertama buka, qta mmg dah berencana nyobain, tp belum kesampaian gr2 hubby perutnya lg sensitif bbrp bulan trakhir ini, jd gak brani makan masakan yg bumbunya strong.
Qta ke mie aceh ini kemarin Jumat tgl 23 Januari, walo t4nya bisa dibilang sempit, tp pengunjungnya lumayan, semua meja penuh waktu qta dtg. Tinggal meja2 yg d trotoar aja, qta pilih meja di situ krn selain biar gak bersin2 bau masakannya yg strong bgt, jg krn spy lbh adem.
Qta pesen 2 menu, mie rebus udang dan mie goreng daging sapi. Kalo menurut lidahku, enakan yg goreng deh, bumbunya lebih berasa. Kalo yg rebus aku kurang suka krn mie nya jadi besar2 gt. Di sini tiap porsinya dikasih acar bwg merah, mentimun iris n bbrp emping. Yg bikin aku suka ya empingnya, hihi...punya hubby jg aku abisin, secara aku suka bgt sama yg namanya emping. Mentimun n emping ini selain bwt cuci mulut jg bwt menetralisir rasa bumbunya yg masih berasa di lidah abis qta makan.
Kalo dibuat skala 1-10, ya kira2 yg goreng nilainya 7, yg rebus nilainya 6 aja lah. Kurang cocok di lidah.

Wiskul part 2 mau kemana yaaa.... c u di wiskul selanjutnya.