Ada kesalahan di dalam gadget ini

Selasa, 15 Maret 2016

Nasi Goreng Oriental

Kali ini mau share hasil masakan aaah... Nasi goreng oriental, masaknya gampang bgt, n ini termasuk our fave dinner... selain simple jg enyaaak...
Bahannya :
Nasi putih, jangan yg panas... diangin2kan dulu biar dingin
Sosis, bakso, daging asap, udang, cumi (opsional)
Wortel, potong dadu kecil
Kacang polong frozen, direbus dulu sebentar
Telor ayam
Daun bawang, iris tipis
Bumbu :
Bawang putih, geprek, cincang halus
Kecap asin, kecap ikan, saus tiram, merica, garam, gula pasir sedikit, minyak wijen
Cara masak :
1) Pastikan wajan udah panas merata, masukkan minyak goreng sedikit, tumis bw putih sampai harum.
2) Masukkan telur, orak arik sampai agak kering, masukkan udang/cumi/bakso/sosis/daging asap/bakso, aduk sampai agak matang.
3) Masukkan nasi, kecilkan api sedikit, aduk2 nasi supaya merata terkena panas
4) Kalo udah rata, besarkan api lagi, masukkan kecap asin dan kecap ikan secukupnya (klo menurut sy, wkt masukkan kecap asin n kecap ikan ini harus api besar, n nuangnya di bag wajan yg kena panas, jangan di nasi-nya, spy lebih wangi)
5) Masukan wortel dan bumbu2 lain kecuali minyak wijen, masukkan kacang polong
6) Aduk2 sampai merata, masukkan minyak wijen secukupnya
7) Tes rasa, jika sudah pas, matikan api, masukkan daun bawang, aduk2 sampai rata.
8) Sajikan

mudah banget kan bikinnya, buat pelengkapnya kalo sy cukup bikin acar mentimun n tomat.
Selamat mencoba :)

Senin, 14 Maret 2016

Feeding the family

Gara2 baca tulisan ci Stephanie di SINI, sy jd kepengen nulis juga soal ini.
Yap menurut sy bener jg sih klo ada peraturan tdk tertulis klo slh 1 mainjob nya istri itu feeding the family. Buat sy, ini gak gampang lho... sampe skrg aja msh terus belajar bwt ng-upgrade ketrampilan ini.
Becoz dari kecil smpe akhir2 mau merid, sy gak suka yg namanya masuk dapur. Kalo mama sy potong2 sayur sm cicik sy, sy pilih di kamar aja baca buku atau nulis2, menyibukkan diri biar gak disuruh bantuin... hehehe... Mama sy sih dah sering bgt ngomongin sy ngasih tau klo perempuan itu ttp harus masuk dapur walo sekolah tinggi2. Dulu sy mikirnya, ah nnti bisa beli lauk, catering, pake PRT, dll.
Trus akhir2 masa single, udh mau merid, sy dah mau dikit2 msk dapur liat mama klo pas masak, trs ikut nyemplung2in bahan, tp tetep dlm arahan mama, tetep mama yg bumbu-in. Sehari sblm merid, mama ksh wejangan ke sy klo nanti udh rumah tangga sndiri, walo sy msh ngantor, pagi sblm brngkt kerja hrs dah siapin makan bwt suami n papa mertua dulu, entah mau masak apa beli lauk yg penting sy ke kantor itu rumah udh siap makanan.
N akhirnya sy berumah tangga sendiri, taraaa...the journey begin...hahaha...
Msh inget awal2 merid dulu, krn sy msh kerja, berat bgt pagi2 hrs bangun bwt cuci baju, masak nasi, masak lauk. Dulu sy gak tau klo masak nasi airnya harus sebrapa, trus trial n error akhirnya udh dpt takaran yg pas. Dulu krn pagi-sore sy kerja, gak sempet belanja sendiri jd belanja sayur dll sy titip sm mama sy, belanjanya sekalian buat bbrp hari.
Trus nyoba2 masak, sy msh inget bgt sy blg ke suami "bsk aku mau masak, enak gak enak ttp dimakan lho", trs suami sy jwb "enak gak enak ttp diabisin, tp klo enak aku blg enak, klo gak enak jg aku blg gak enak".
Awal2 masak sy akui masakan sy rasanya acak kadut, suami jg gak blg enak krn mmg gak enak, tp tetep diabisin sambil dia ksh kritik n masukan, dtmbh ini itu, ini-nya kebanyakan, trlalu mateng/blm mateng bener, cb urutan masaknya gini, apinya rada besar, dll. Sy dengernya sambil manyun2, hadeeh masak tu susah bener sih. Sesekali masakan sy udh pas, suami jg blg ini enak. Jd dia fair gt.
Trus wkt berjalan, sy tetep cb bljr masak...dikit2 mulai bisa nambah variasi menu, mmperbaiki rasa, smpe akhirnya sy resign jd pny wkt lbh bny bwt cb resep ini itu. Bljr belanja sendiri di pasar, bljr pilih sayuran, daging, bljr nawar sesekali... hehehe....
Skrg masakan sy udah lumayan bangetlah drpd dulu, hehee... dibilang perfect jg blm. Kdg klo lg gak konsen pas masak, jd gak konsisten rasanya dlm arti dulu bikin ini udah enak, skrg bikin lg koq gak enak. Masih terus bljr n ng-upgrade diri soal ini, masak itu ternyata menyenangkan koq.
Back to topic, feeding the family itu menyenangkan. Ada kepuasan n kebanggaan tersendiri ketika suami blg masakan kita enak n dia makan dng lahap, n gak pernah bersisa. Trus juga di situlah slh 1 peran istri, menyediakan makanan sehat bwt keluarga. Secara ya.. klo beli makanan di luar, banyakan yg pake MSG drpd yg gak. Trus kita gak tau juga bahannya segar nggak, dicuci bersih nggak, alat2 masaknya gimana. Menyediakan makanan sehat scr gak langsung kita jg bisa jd berkat di keluarga.
Memang sih, bikin variasi menu itu gak gampang jg, gmn caranya biar menunya gak muter terlalu cepat trus jd bosen, yg seimbang, ada sayur ada proteinnya, dsb, sy akui gak gampang, sy msh sering pusing di bagian atur menu ini. Tp jaman skrg udah enak bgt, internet dimana2... tinggal buka Google, cari resep di sana sedabreg banyaknya, tutorial masak di Youtube jg banyak, buku2 resep melimpah di toko buku.
So, bwt para wanita single yg udah mau merid terutama, ayok belajar bwt feeding your future family. Kalo kalian wanita karier yg sehari2 gak sempet masak, okelah kalo tiap hr catering/beli lauk.. tp kalo pas libur sempetin belajar masak. Trus jg walo wanita karier, tetep kalian yg harus pikir, atur n siapin makanan. Jangan suruh suami yg mikir hr ini mau beli lauk apa, dimana, n dia yg siapin, sesekali bolehlah minta tolong suami yg beli, tp itu ttp jadi mainjob istri. Urusan konsumsi sehari-hari jelas itu bkn mainjob mereka kaum pria... hehehe... Kalo PRT yg masak, tetep istri yg harus bikin menu harian, n kalo bisa pantau mereka wkt masak bwt memastikan cuci bahannya bener, n gak pake penyedap.
Kalo misal kondisi khusus istri yg sakit or misal lg hyperemesis, baru deh suami yg lakukan job itu. Waktu sy pulang habis operasi, krn sy blm boleh bnyk beraktivitas, suami jg yg ambil alih bwt beli lauk n siapin makanan.
Bljr bwt feeding the family ini masih gampang ketika blm ada baby. Masih ada waktu buat coba resep, dll. N kalo udah terbiasa, nanti waktu baby mulai waktunya MP-ASI gak terlalu kagok n bingung lg. Gak mau juga kan baby-nya dikasih makanan instan terus, or dibeliin lauk dari luar yg pake MSG...
So, ayok belajar sama2 bwt feeding our family. GBU ladiess !!

PS : thx for my beloved hubby, partner, juri, kritikus bwtku buat belajar masak.. :-)

Sabtu, 12 Maret 2016

The Journey : (Part 4) Up and Down

Hari2 trakhir ini sy lagi down, sedikit envy n disappointed, boleh dibilang gt deh... Sampe2 rasanya sy lelah sekali bwt menanti kehamilan, lelah berusaha, merasa sia2 coba ini itu, minum vitamin2 dr dokter selama ini. Kalo pas kondisi kyk gt, kdg sy merasa idup ini ga adil bgt, merasa Tuhan diam, gak jwb prmohonan sy utk bs hamil shg sy thrs menanti smpe skrg.
Seorang kenalan sy yg meridnya tengah taun kmrn aja skrg udh lahirin bayinya, 2 tmn sy n tmn FB yg jg merid tgh tahun kmrn skrg udh hamil gede, sodara suami yg meridnya akhir th kmrn skrg udah hamil jg... lha saya kapan? Kpn giliran sayaaa ?
Memang sih sy gak lg kompetisi, urusan siapa yg hamil duluan itu jelas bukan kompetisi. Anak itu anugerah, n itu smua tergantung sm yg Empunya hidup.
Sbenernya, dng blm adanya anak smpe skrg, jg bny yg bs sy syukuri... bs pacaran lg sm suami, kerja keras berdua mmperbaiki usaha, bs pny waktu bwt bljr masak n bikin2 kue, bs nabung lbh banyak jg. Tapi mmg kdg manusia itu ga pernah puas sm kondisi yg ada ya, contohnya pengen pny mobil, trs udah beli n punya, eeh pgn balik kemana2 naik motor lg biar irit waktu bs selip2 jd ga macet2an di jln.
Segini dlu deh share nya, lumayan buat ngurangin 'sampah' hati :-)
Sy hanya bs terus memohon kpd Sang Pemilik hidup, tentunya jg terus berusaha. Ora et labora.