Ada kesalahan di dalam gadget ini

Kamis, 21 April 2016

Pregnancy Update : Spotting

Hari Rabu sore kmrn tiba2 saya keluar flek coklat sedikit, agak panik tp mikirnya mungkin gara2 td siang keseringan jongkok berdiri main sama ponakan sebelah rumah. Trus sy sy bawa tiduran aja sambil bbm cicik n temen saya yg pernah punya pengalaman flek waktu hamil.

Temen sy suruh sy bedrest 1x24 jam, trs besoknya baru ke dokter. Tp cicik sy suruh sy cpt ke dokter malam itu juga, krn takutnya nanti tengah malam kontraksi dan membahayakan kandungan saya. Sy cb tlp apotik tempat praktek dokter sy, dr. Eriana, tp krn gak ambil nomer urut dr paginya jd sy harus nunggu semua pasien selesai, biasanya sekitar jam 00.30 baru habis pasiennya.
Saya mengurungkan niat ke sana, bisa bikin stres nunggu selama itu dan malah bisa membahayakan. Jg suami sy pas baru aja minum obat, jd dia dah agak ngantuk krn pengaruh obatnya.
Waktu itu udah hampir jam 9 mlm, cicik sy yg rumahnya tengah kota langsung inisiatif datengin tempat praktek dokter Ivan di daerah Kratonan, yg pasiennya biasanya gak terlalu banyak. Praktek dr. Ivan udah mau tutup sebenernya karena dah hampir jam 9 mlm, tp cicik sy blg ke perawatnya buat tunggu sbntr krn ada pasien yg flek dan mau ke situ. Akhirnya perawatnya mau nungguin.
Jam 21.15 sy sampai di sana, bikin kartu pendaftaran trus langsung diperiksa dokter. Krn keburu2 berangkat, sy lupa kalo harus minum banyak dulu biar pas di-USG bisa jelas. Jadi dokternya harus menekan perut saya supaya rahimnya keliatan di layar USG.
Akhirnya bisa kelihatan, walo samar2... dokter menunjukkan ada pembesaran rahim, dan ada kantung janin, tp janinnya belum nampak.

Selesai periksa, dokter lalu menghitung usia kandungan sy berdasarkan HPHT. Hitungan dokter sama dengan hitungan sy, 7week. Biasanya di uk segitu, janin sudah nampak walo kecil. Sy tanya ke dokter flek itu karena apa. Dokter blg, itu tanda2 keguguran. Maka sy disuruh bedrest dan diberi obat penguat yg dimasukkan lewat dubur. Juga diberi anti kontraksi rahim, trus obat penguat oral yg diberikan dokter sebelumnya waktu sy cek di uk 4w ditambah dosisnya jadi 3x sehari. Dokter menyuruh untuk kembali kontrol 2 minggu lagi, semoga janinnya sudah terlihat. Saya pernah membaca kalo uk 7W biasanya janin sudah terlihat dan detak jantungnya sudah ada, tapi memang ada juga yang belum. Dari situ sy berpikir mungkin ini ada indikasi janin saya tidak berkembang, memang tidak 100% kemungkinannya.

Waktu itu sy sedih, tp berusaha rileks dan tenang. Tapi liat suami sy down, sy malah jd ikutan down. Akhirnya sy blg ke suami, klo qta harus kuat ga boleh stress, sy blg sy dah berusaha kuat dan lihat dia down itu malah bikin sy sedih. Saya tau sih, mmg sulit buat suami sy untuk tidak stres karena perjuangan kami gak sedikit untuk saya bisa hamil. Trus ditambah dia lagi banyak pikiran mengenai bbrp hal.

Kemarin ketika suami selesai berdoa tumpang tangan di atas kandungan sy, sy blg kalo kita perjuangkan ini benar2, tp kalo memang pada akhirnya tidak berkembang, ya sudah kita harus rela. Saya bergetar ketika mengatakan itu, tp sy berusaha tdk menangis. Saya harus tegar, tidak boleh stres. Saya justru menangis ketika saat bedrest sy berdoa sendiri kepada Allah.

Kamis sore dan Jumat siang ini sebelum sy menulis blog, ada keluar flek coklat lagi. Di 1 sisi, sy memohon mujizat Tuhan dinyatakan, berharap flek ini berhenti dan janin sy berkembang baik, sy belajar mengimani itu. Tp tidak memungkiri di sisi lain kemanusiaan sy lemah sehingga sy juga mulai mempersiapkan hati jika memang janin sy tdk bisa berkembang dan harus dikeluarkan. Saya percaya segala sesuatu yg harus sy jalani, tidak pernah terlepas dari campur tangan Allah.
Sebuah ayat yg tidak sengaja saya temukan sejak awal kehamilan sy adalah dr Mazmur 33:22. Ya, saya hanya mengharap kasih setiaNya terus menyertai kami. 

Senin, 18 April 2016

Dapurku : Menghadirkan masakan restoran di rumah

Nyambung sm postingan sy yg lalu yg judulnya "Feeding the family", krn itulah sy jd suka praktekin resep2 baru. Memasak (baca : nyoba resep baru) itu punya tantangannya sendiri, n kalo berhasil menaklukkan tantangan itu, rasanya puas bgt. Kalo sy, kadang cara masaknya sy pake persis kyk yg di resep, kalo takaran  bumbu sih seringnya pake feeling n terasa udah pas di lidah aja. Kadang jg cara masaknya sy ubah2 dikit, misal kalo direbus dulu gmn, kalo bahan ini masuknya terakhir gmn, n of course klo eksperimen seringnya sy diskusi dlu sm hubby. Kalo eksperimen kami berhasil n bikin masakannya lebih waaah... kami seneeeng bgt. Boleh dibilang hubby itu partner terbaik sy dlm bljr masak. Kalo sy mau cb resep baru gt, sy mesti blg "aku mau nyoba resep ini, enak gak enak ttp qta makan ya". N dia blg "i will eat everything you cook". Yey yey yey !!

Trus kami kepikir punya visi, hmm...visi.. kayaknya berat gt ya, hehee... visinya yaitu 'Menghadirkan masakan restoran di rumah'. Masakan2 yg kalo di restoran minimal harganya 50ribu-an per porsi, kalo bisa kita bikin sendiri di rumah, kenapa nggak? Jelas lebih sehat di kantong dan di badan..hehehe.. Yakin sm kebersihannya, gak pake penyedap, n juga lebih hemat banget banget banget. Trus makannya juga lebih puasss... secara kita berdua suka makan, n porsi makannya banyak (upss buka kartu !). Trus siapa tau nantiiiiiiii bisa jd 1 peluang usaha.

Sejauh ini daftar masakan yg udah sy coba praktekin n hasilnya bole dibilang enak (versi sy dan hubby :p): Bong Tjha Kee, Bong Tjha Bak, Pakcoy siram tofu, Cumi cabe garam, Sapo Tahu, Soon goreng, Pocay tumis telor, Kerang lurik saus tiram, Brokoli daging sapi siram saus wijen, Nasi goreng oriental, n Buncis ala Szechuan.
Daftarnya akan terus bertambah seiring dapet resep2 baru n eksperimen lagi.

Happy cooking !

Jumat, 01 April 2016

The Journey : Saat kutau kau ada...

Welcome April ! Bulan baru, harapan baru, dan tentunya juga status n perjalanan yg baru buatku, hihihi... Iyaa... status jd bumil n perjalanan yg namanya pregnancy :)

I'm very very happy and greatfully thanks to the Lord for this chance, this blessing, this gift. Amazing miracle for me.

Di postingan yg lalu, sy pernah nulis klo sy sering up and down bwt program hamil. Bulan ini jujur malah sy gak mau banyak berharap, jarang berdoa meminta juga kpd Bapa di Surga. Tapi Dia malah memberikan apa yg sy doakan selama ini.

Jadi ceritanya, pengobatan terakhir yg sy tempuh adalah minum obat dr sinshe, udh pernahSy  sy tulis jg di blog. Trus tglsm hubby 30 Maret kmrn jadwal sy harusnya dapet haid. Tanda2 mau dapet udah kerasa dr semingguan sebelumnya, jd sy anggap ah paling bulan ini jg gagal lagi.
Dari bbrp hr setelah masa subur lewat, dada sy (baca : payudara) kerasa nyeri n membengkak. Pikir sy ini tanda2 PMS, tp sy jg smpet heran koq sedini itu gejala PMSnya, msh kurang 10hari lebih dr jadwal haid. Akhirnya sy abaikan aja n lanjut aktivitas sehari2 kayak biasa, masak, cuci setrika, bersih2 rumah, urus toko, jalan kaki ke pasar, dll.

Trus hari jumat tgl 25 Maret, sy ngerasa tenggorokan sy gatal bgt kyk mau batuk. Sy cm makanin permen mentol gt aja sambil minum jeruk nipis. Trus akhirnya bener hari minggunya sy kena batuk. Minggu mlm sy mulai ngerasa badan sy gak enaaak bgt, kyk mau demam or masuk angin, sakit semua. Sy pikir mmg begitu kan, batuk di hari2 awal mmg bikin rontok badan, ditambah sy ngerasa PMS jg, tambah maknyuss rontok badannya. Sebelumnya, minggu sore itu sy blg ke hubby klo mau beli obat batuk, biar batuknya gak keterusan n lama sembuhnya. Tp hubby gak ngebolehin sy mnum obat, kyk dia feeling gt kalo nanti 'jadi' gmn. Sy sempet ngeyel wkt itu, sy blg sm hubby "apa2 di-hati2 trs ya gak hamil2 jg". Akhirnya pas di toko kita ditawari komix herbal sm SPG, yg katanya aman bwt ibu hamil n menyusui jg. Ya udah kita beli n saya minum mulai minggu mlm itu.

Hari senin tgl 28 Maret, sy masih aktivitas kyk biasa, dengan badan yg msh gak enak tp gak hangat. Baru sore-mlm sy ngerasa meriang lg, pusing, batuk2 tmbh parah.

Selasa 29 Maret msh sama kondisinya, klo pagi smpe siang sy mlh lebih fit drpd sore smpe mlm. Trus selasa sore itu sy keluar lendir kecoklatan yg sedikiit bgt wkt sy BAK n sy usap pake tissue. Kalo gak diliat bener2 hampir ga keliatan wrn coklatnya. Sy mikirnya ah ini pasti bntr lg dapet haid, udh flek gini. Udah kerasa jg dr bbrp hari, kram perut bawah... tp memang sih kram ini ringan bgt drpd kram haid, klo gak dirasain ya gak kerasa.. Cuma ya gak berani mikir jgn2 hamil, diabaikan lah perasaan itu.. takit kecewa. Tapi sy tunggu2 sampe besoknya gak keluar apa2 lagi.

Rabu 30 Maret, hari harusnya sy dapet mens, masih belum keluar. Badan jg masih gak enak, kalo di toko sy banyakan duduk aja, pengennya duduk nyandar atau baringan gt deh.
Batuk sy jg msh lumayan parah hari itu, kyknya obatnya gak mempan n harus diganti. Trs terbersit pikiran, kalo sampe bsk pagi gak haid, mau testpack dulu... supaya klo mau ganti obat, udh yakin gak hamil gt. N kalo misal positif (tp gak ngarep2 bgt krn PMSnya itu td), langsung ke dokter bwt sekalian minta obat batuk. Cuma itu alasan sy bwt memutuskan test kehamilan pribadi. Waktu itu sy jg mikir, mgkn haid sy telat krn badan lagi sakit, bisa jadi bikin siklusnya kacau, wajarlah. Mmg sih terbersit pikiran jg, semakin dirasa2in nyeri di dada sy rasanya beda sm klo lg PMS, kesenggol baju or guling wkt tidur aja udh bikin kesakitan bgt. Tp tetep diabaikan perasaan itu. Trus jg sbnernya sy nyadar, biasanya kalo mau haid nafsu makan sy besar.. tp ini koq biasa aja.. oh mgkn krn lg batuk jd ga nafsu makan sy mikirnya gitu.

Kamis 31 Maret sy bangun pagi2, trs test di kamar mandi. Waktu itu test ya cm test aja, gak deg2an banget...TP yg sy pny, merk Onemed yg sebiji cm 2ribuan. Trus sy celupin...1 garis kontrol keliatan, artinya sy dah lakukan prosedur test dng benar... trs koq pelan2 1 garis lg muncul di sebelahnya... tp samaaar bgt, warna pink muda bgt. Trs sy ambil 1 testpack lg, celupin lg...1 garis, trs garis kedua muncul jg lebih jelas sedikit bgt drpd yg sebelumnya. Setengah percaya, ngomong sambil bisik "aku hamil?". Rencananya sih dr dulu mau kasih surprise hubby kalo dpt 2 garis, tp koq garisnya samar2 gt...gak yakin donk.. tp kan butuh obat batuk... akhirnya sy mutusin bangunin hubby bwt beliin TP yg lbh mahal. Hubby msh stgh sadar wkt sy bangunin, bingung jg...lg mimpi seru2nya trs sy bangunin suruh beli Testpack !

Singkat cerita, hubby pulg bawa 2 merk, sensitif sm akurat. Sy coba celupin yg merk sensitif, gak berapa lama 2 garis jg. Tmbh yakin nih... apalagi yg 2 TP td garisnya lama2 jg makin tebel gak sesamar tadi.
50% yakin kalo hamil. Senyum2 sm hubby, ketawa2, tp jg bingung, blm yakin2 bgt. Sepakat gak ngasih tau siapa2 dulu sblm dr dokter.

*tarik nafas dulu*

Trus telpon klinik, dpt kabar klo dokter sy, dr. Eriana lg ke Jepang n mungkin br minggu dpn kembali praktek. Kalo kmrn sy gak batuk n ngeganggu bgt krn bikin perut kram n kegoncang terus, sy tunggu jdwl prakteknya dr. Eriana. Tp kmrn keburu butuh obat batuknya, jd mau gak mau ke dokter yg ada dulu.

Mikir2 sm hubby, mutusin ke dr. Soffin aja..itu dokter kandungan yg nangani menantunya Pak Jokowi..
Jadilah kmrn sore sy ke cek ke dr. Soffin, dicek USG iya udah ada titik kecil, kata beliau itu embrio, bakal janin, ukurannya kurleb 11mm. Saya dinyatakan hamil dan kami diberi selamat oleh dokter.. legaaa rasanya krn udah pasti.

Dokter blg, mmg masih rawan, jd sy gak boleh capek2, bny pikiran, emosi, stress, dll... krn akan mengganggu perkembangannya. Trus sy diberi penguat kandungan jg sm vitamin2 yg kompleks isinya. Gak lupa curhat jg soal batuk n obat apa yg udah diminum, sm dokter diresepin obat batuk jg.
Pulang dr dokter baru deh berani kasih tau mama papa n papa mertua, jg sodara2 kandung.

Sejauh ini sy sih belum ngerasa mual2, pusing iya tp msh ringan...msh bisa bwt ngapa2in. Kalo sore-mlm berasa meriang2 kyk msk angin, pagi smpe siang mlh lebih fit. Tapi sore ini pas sy nulis blog ini, sy gak kerasa meriang2... mgkn jg krn batuknya udah mereda. Selama mual belum menyerang, selama msh enak bwt makan, sy makan apa2 yg sehat, spy bakal janin gak kekurangan nutrisi. Sy cepet laper sih, tp gak bisa makan banyak.

*tariknafaslagi*

Puji Tuhan sy diberi kehamilan ini, sy siap dan menanti2kan perkembangan janin n perubahan2 tubuh sy. Perjalanan masih panjang, masih ada banyak hal baru yg harus dialami dan dipelajari..
Terbersit kekuatiran jg, gmn klo BO, kalo keguguran, kalo gini gitu, dll... tp sy cm bisa menjaga melalui yg sy bisa, istirahat, jaga pikiran, makan makanan sehat, n yg pasti terus percaya bahwa ada Tangan yang tak terlihat yang menjagai bakal janin sy.
Jika Tuhan menghendaki embrio ini berkembang menjadi janin sampai full-term, lahir dan bertumbuh, DIA sendiri yg akan menjagainya. Amin.

Thx GOD.