Ada kesalahan di dalam gadget ini

Jumat, 01 April 2016

The Journey : Saat kutau kau ada...

Welcome April ! Bulan baru, harapan baru, dan tentunya juga status n perjalanan yg baru buatku, hihihi... Iyaa... status jd bumil n perjalanan yg namanya pregnancy :)

I'm very very happy and greatfully thanks to the Lord for this chance, this blessing, this gift. Amazing miracle for me.

Di postingan yg lalu, sy pernah nulis klo sy sering up and down bwt program hamil. Bulan ini jujur malah sy gak mau banyak berharap, jarang berdoa meminta juga kpd Bapa di Surga. Tapi Dia malah memberikan apa yg sy doakan selama ini.

Jadi ceritanya, pengobatan terakhir yg sy tempuh adalah minum obat dr sinshe, udh pernahSy  sy tulis jg di blog. Trus tglsm hubby 30 Maret kmrn jadwal sy harusnya dapet haid. Tanda2 mau dapet udah kerasa dr semingguan sebelumnya, jd sy anggap ah paling bulan ini jg gagal lagi.
Dari bbrp hr setelah masa subur lewat, dada sy (baca : payudara) kerasa nyeri n membengkak. Pikir sy ini tanda2 PMS, tp sy jg smpet heran koq sedini itu gejala PMSnya, msh kurang 10hari lebih dr jadwal haid. Akhirnya sy abaikan aja n lanjut aktivitas sehari2 kayak biasa, masak, cuci setrika, bersih2 rumah, urus toko, jalan kaki ke pasar, dll.

Trus hari jumat tgl 25 Maret, sy ngerasa tenggorokan sy gatal bgt kyk mau batuk. Sy cm makanin permen mentol gt aja sambil minum jeruk nipis. Trus akhirnya bener hari minggunya sy kena batuk. Minggu mlm sy mulai ngerasa badan sy gak enaaak bgt, kyk mau demam or masuk angin, sakit semua. Sy pikir mmg begitu kan, batuk di hari2 awal mmg bikin rontok badan, ditambah sy ngerasa PMS jg, tambah maknyuss rontok badannya. Sebelumnya, minggu sore itu sy blg ke hubby klo mau beli obat batuk, biar batuknya gak keterusan n lama sembuhnya. Tp hubby gak ngebolehin sy mnum obat, kyk dia feeling gt kalo nanti 'jadi' gmn. Sy sempet ngeyel wkt itu, sy blg sm hubby "apa2 di-hati2 trs ya gak hamil2 jg". Akhirnya pas di toko kita ditawari komix herbal sm SPG, yg katanya aman bwt ibu hamil n menyusui jg. Ya udah kita beli n saya minum mulai minggu mlm itu.

Hari senin tgl 28 Maret, sy masih aktivitas kyk biasa, dengan badan yg msh gak enak tp gak hangat. Baru sore-mlm sy ngerasa meriang lg, pusing, batuk2 tmbh parah.

Selasa 29 Maret msh sama kondisinya, klo pagi smpe siang sy mlh lebih fit drpd sore smpe mlm. Trus selasa sore itu sy keluar lendir kecoklatan yg sedikiit bgt wkt sy BAK n sy usap pake tissue. Kalo gak diliat bener2 hampir ga keliatan wrn coklatnya. Sy mikirnya ah ini pasti bntr lg dapet haid, udh flek gini. Udah kerasa jg dr bbrp hari, kram perut bawah... tp memang sih kram ini ringan bgt drpd kram haid, klo gak dirasain ya gak kerasa.. Cuma ya gak berani mikir jgn2 hamil, diabaikan lah perasaan itu.. takit kecewa. Tapi sy tunggu2 sampe besoknya gak keluar apa2 lagi.

Rabu 30 Maret, hari harusnya sy dapet mens, masih belum keluar. Badan jg masih gak enak, kalo di toko sy banyakan duduk aja, pengennya duduk nyandar atau baringan gt deh.
Batuk sy jg msh lumayan parah hari itu, kyknya obatnya gak mempan n harus diganti. Trs terbersit pikiran, kalo sampe bsk pagi gak haid, mau testpack dulu... supaya klo mau ganti obat, udh yakin gak hamil gt. N kalo misal positif (tp gak ngarep2 bgt krn PMSnya itu td), langsung ke dokter bwt sekalian minta obat batuk. Cuma itu alasan sy bwt memutuskan test kehamilan pribadi. Waktu itu sy jg mikir, mgkn haid sy telat krn badan lagi sakit, bisa jadi bikin siklusnya kacau, wajarlah. Mmg sih terbersit pikiran jg, semakin dirasa2in nyeri di dada sy rasanya beda sm klo lg PMS, kesenggol baju or guling wkt tidur aja udh bikin kesakitan bgt. Tp tetep diabaikan perasaan itu. Trus jg sbnernya sy nyadar, biasanya kalo mau haid nafsu makan sy besar.. tp ini koq biasa aja.. oh mgkn krn lg batuk jd ga nafsu makan sy mikirnya gitu.

Kamis 31 Maret sy bangun pagi2, trs test di kamar mandi. Waktu itu test ya cm test aja, gak deg2an banget...TP yg sy pny, merk Onemed yg sebiji cm 2ribuan. Trus sy celupin...1 garis kontrol keliatan, artinya sy dah lakukan prosedur test dng benar... trs koq pelan2 1 garis lg muncul di sebelahnya... tp samaaar bgt, warna pink muda bgt. Trs sy ambil 1 testpack lg, celupin lg...1 garis, trs garis kedua muncul jg lebih jelas sedikit bgt drpd yg sebelumnya. Setengah percaya, ngomong sambil bisik "aku hamil?". Rencananya sih dr dulu mau kasih surprise hubby kalo dpt 2 garis, tp koq garisnya samar2 gt...gak yakin donk.. tp kan butuh obat batuk... akhirnya sy mutusin bangunin hubby bwt beliin TP yg lbh mahal. Hubby msh stgh sadar wkt sy bangunin, bingung jg...lg mimpi seru2nya trs sy bangunin suruh beli Testpack !

Singkat cerita, hubby pulg bawa 2 merk, sensitif sm akurat. Sy coba celupin yg merk sensitif, gak berapa lama 2 garis jg. Tmbh yakin nih... apalagi yg 2 TP td garisnya lama2 jg makin tebel gak sesamar tadi.
50% yakin kalo hamil. Senyum2 sm hubby, ketawa2, tp jg bingung, blm yakin2 bgt. Sepakat gak ngasih tau siapa2 dulu sblm dr dokter.

*tarik nafas dulu*

Trus telpon klinik, dpt kabar klo dokter sy, dr. Eriana lg ke Jepang n mungkin br minggu dpn kembali praktek. Kalo kmrn sy gak batuk n ngeganggu bgt krn bikin perut kram n kegoncang terus, sy tunggu jdwl prakteknya dr. Eriana. Tp kmrn keburu butuh obat batuknya, jd mau gak mau ke dokter yg ada dulu.

Mikir2 sm hubby, mutusin ke dr. Soffin aja..itu dokter kandungan yg nangani menantunya Pak Jokowi..
Jadilah kmrn sore sy ke cek ke dr. Soffin, dicek USG iya udah ada titik kecil, kata beliau itu embrio, bakal janin, ukurannya kurleb 11mm. Saya dinyatakan hamil dan kami diberi selamat oleh dokter.. legaaa rasanya krn udah pasti.

Dokter blg, mmg masih rawan, jd sy gak boleh capek2, bny pikiran, emosi, stress, dll... krn akan mengganggu perkembangannya. Trus sy diberi penguat kandungan jg sm vitamin2 yg kompleks isinya. Gak lupa curhat jg soal batuk n obat apa yg udah diminum, sm dokter diresepin obat batuk jg.
Pulang dr dokter baru deh berani kasih tau mama papa n papa mertua, jg sodara2 kandung.

Sejauh ini sy sih belum ngerasa mual2, pusing iya tp msh ringan...msh bisa bwt ngapa2in. Kalo sore-mlm berasa meriang2 kyk msk angin, pagi smpe siang mlh lebih fit. Tapi sore ini pas sy nulis blog ini, sy gak kerasa meriang2... mgkn jg krn batuknya udah mereda. Selama mual belum menyerang, selama msh enak bwt makan, sy makan apa2 yg sehat, spy bakal janin gak kekurangan nutrisi. Sy cepet laper sih, tp gak bisa makan banyak.

*tariknafaslagi*

Puji Tuhan sy diberi kehamilan ini, sy siap dan menanti2kan perkembangan janin n perubahan2 tubuh sy. Perjalanan masih panjang, masih ada banyak hal baru yg harus dialami dan dipelajari..
Terbersit kekuatiran jg, gmn klo BO, kalo keguguran, kalo gini gitu, dll... tp sy cm bisa menjaga melalui yg sy bisa, istirahat, jaga pikiran, makan makanan sehat, n yg pasti terus percaya bahwa ada Tangan yang tak terlihat yang menjagai bakal janin sy.
Jika Tuhan menghendaki embrio ini berkembang menjadi janin sampai full-term, lahir dan bertumbuh, DIA sendiri yg akan menjagainya. Amin.

Thx GOD.

2 komentar:

  1. congraattssss!!!! senangnyaaaa!!! jangan kecapean ya rachel. banyakin duduk. jangan kelamaan berdiri cuci piring. jangan kelamaan berdiri pas mandi. haha dulu sih aku mandinya sambil duduk. cape banget rasanya kalo berdiri kelamaan. :)

    BalasHapus
  2. thx ci Stephanie :) iyaa.. skrg ngapa2in sambil duduk. Potong2 sayur, mandi, cuci piring, smua sambil duduk.. hehehe...

    BalasHapus