Ada kesalahan di dalam gadget ini

Selasa, 16 Februari 2016

The Journey : (Part 2) Haruskah inseminasi ?

Akhirnya nulis juga setelah ketunda bbrp hari krn capek n males tentunya... hehe...tp takut keburu lupa jd harus ditulis segera.
Di postingan terakhir sy bilang kalo nunggu jadwal kontrol ke dokter. Harusnya sy kontrol pas hari ke 2/3 mens, tp krn dokter sy ke luar kota, jd br bs kontrol kmrn kamis tgl 11 Februari. Waktu diUSG-transv sih dokter blg baik kondisinya, rahim baik, ada sel telurnya juga. Waktu sy tny apakah ukuran sel telur sy kurang besar, dokter blg cukup ukurannya. Trus sy dan suami disuruh melanjutkan program kehamilan dan diberi vitamin. Untuk sy masih sama sperti vitamin sebelumnya, untuk meningkatkan kualitas sel telur, hanya ditambah asam folat. Untuk suami, diberi vitamin yg lebih kompleks kandungannya drpd sebelumnya. Kami kembali ditarget oleh dokter, jika akhir maret nanti msh mens, maka kontrol selanjutnya mulai mendiskusikan untuk inseminasi. Dokter sih berharap dlm 2 bulan ke depan sdh duluan hamil. Kami jg amat sangat berharap seperti itu.
Hope for the best, prepare for the worst. Sbnrnya gak tepat jg sih kalo dibilang "worst", krn dlm keadaan terburuk pun (dlm hal ini harus inseminasi) sy meyakini ada kebaikan Tuhan di situ. Walopun begitu kami sudah cari info biaya untuk inseminasi di klinik tempat saya laparoscopy lalu, yaitu sekitar 5 juta untuk 1x proses. FYI aja, inseminasi itu intinya memasukkan sel sperma yg sdh dipilih yg terbaik dan dicuci, ke dlm rahim istri melalui sebuah alat seperti suntikan. Sebelumnya, untuk istri diberi vitamin dan semacam penyubur untuk sel telur spy kualitasnya benar2 baik.
Biayanya tidak murah memang, apalagi itu dipakai hanya untuk 1x proses saja.
Sy tdk tau apakah nantinya sy harus inseminasi ataukah Tuhan berbelas kasih sehingga membuat sy hamil duluan. Krn mmg hanya Dia saja yg mampu menciptakan kehidupan, entah dengan cara alamiah atau berbantu seperti inseminasi.
Sy tdk pernah membayangkan akan menempuh perjalanan hingga sejauh ini. Dulu sblm menikah tidak pernah terbersit sedikitpun di benak saya untuk berjuang mendapatkan keturunan seperti ini.
Eben Haezer, sampai disini Tuhan sudah menolong, dan sy percaya sampai nanti2 apapun yg akan sy lalui ada Tuhan yg terus menolong.
-16 Februari 2016-

The Journey : (Part 3) Mencoba pengobatan herbal Cina

Bulan ini masuk bulan ke-3 sy progmil, dan blm ada hasilnya krn sampe skrg sy blm hamil. Di postingan sebelum ini, sy udah cerita klo waktu kontrol ke dokter yg lalu, dokter saya sdh singgung2 soal inseminasi, kalo smpe akhir Maret nanti sy blm hamil.
Kalo boleh milih n minta, sy gak pengen melalui tahap inseminasi untuk bisa hamil. Iyalah... selain biayanya juga gak sedikit, kalo msh bisa cara alami kenapa tidak diusahakan dulu kan ya... :-)
Harapan saya sih akhir Maret nanti sy dah gak dapet 'tamu' lagi. Karena itulah, maka sy dan suami sepakat mencoba pengobatan cina. Kmrn jumat, kami udah dtg ke sebuah toko obat Cina yg terkenal di Solo. Di sana kami sekalian antri untuk konsultasi dengan Sinshe nya, supaya bisa pasti harus diberi obat/jamu apa. Konsultasinya cm ngobrol singkat aja, keluhan n tujuannya apa.
Singkat cerita, sy dan suami diberi resep obat yg langsung kami tebus di tokonya itu. Untuk suami, diberi 10 buah untuk 10 hari, sedangkan sy diberi 6 paket untuk diminum 6 hari setelah bersih mens. Obatnya suami bentuknya kyk tanah liat warna hitam, yg diseduh dng air hangat. Kalo yg pny sy, 1 paket isi 20 butir pil setiap kali minum. Kami disarankan meminumnya malam hari sebelum tidur. Sinshe nya juga kasih kami pantangan makan : es, alkohol, petai, nanas, durian. Bagi kami itu pantangan mkn yg mudah, krn kami mmg gak suka semua yg disebutin td, heheehe...
Semoga usaha ini berhasil, jika bulan ini masih gagal sekalipun, sy akan menempuh pengobatan Sinshe ini untuk 2x siklus saja, krn mengingat efek samping yg mungkin ada jika mengkonsumsi dalam waktu cukup lama.
Eben Haezer, sampai disini Tuhan sudah menolong. Hanya itu yg menguatkan saya setiap kali sy merasa lemah, lelah, dan jenuh untuk menanti, ada Tuhan yg terus menolong.

Rabu, 03 Februari 2016

The Journey: (Part 1) Pasca Laparoscopy

Back to blogging world, smoga ga males nulis (=ngetik) n bikin postingan lagi. Kyknya terakhir sy ngeblog sekitar stgh th lalu, wkt itu abis laparoscopy (LO). 
Di postingan ini sy mau share tahap2 yg sdh sy lalui pasca LO sampe sekarang. Abis LO, bbrp hr kmdn sy lgsg dpt mens, trus sesuai saran dokter sy langsung disuntik Tapros 2x siklus. Sy suntik tapros 1 tgl 3 september, trus yg kedua tgl 3 oktober. Bulan september sy masih dapet mens seperti biasa, abis itu ga dapet mens sampe tgl 11 desember baru mens lagi. Sesuai penjelasan dokter, mmg ovariumnya sedang diistirahatkan, sehingga gak ovulasi dan gak mens, tujuannya buat menekan kekambuhan kista endometriosis sy.
Wkt kontrol ke dokter bulan Desember, dicek ovarium sy yg kiri sudah berproduksi sel telur lagi, sedangkan yg kanan masih rest, katanya dokter begitu. Trus sama dokter, langsung disuruh program hamil, cuma diresepkan vitamin buat saya dan suami. Kami dikasih waktu 2x siklus, klo bulan Februari masih mens, kontrol lagi.
Hari ini terjawab sudah. Saya mens. Sedih ? Iya. Kecewa ? Gak terlalu. Krn sy udh ngerasa akan dapet mens dr seminggu lalu, jd gak terlalu berharap banyak :D
Flash back lagi, sejauh sy pernah program hamil akhir th 2014 sejak sebelum operasi kista pun, seinget sy ya, sy blm prnh yg namanya nangis mehek2 di bahu suami wkt dpt mens (yg artinya gak hamil), kyk yg sering sy baca di forum ibu2 di internet, hehe... Sy merasa sy org yg cukup tegar klo menghadapi diri sy sendiri (duh, gak nemuin kalimat yg pas, smg bs dimengerti deh).Smoga sy terus tegar apapun nanti yg akan dihadapi.
Tapi walo begitu, masa2 stress, galau, ketakutan, khawatir, udah seriiing banget sy lalui...hehe... uring2an sndiri, manyun2 gak jelas, dst.
Kalo sy merenung sedikit, yg kdg mmbuat ketegaran sy hancur n ujung2nya down itu klo liat postingan org di fb or IG, yg udh pny baby bumps walo baru nikah itungan bbrp bulan, udh gendong bayi pdhl nikahnya stlh sy, yg abis merid lgsg dung, trs tmbhn iblis yg mengintimidasi (nah ini yg penting!). Trus jg tekanan2 sosial yg gak keliatan scr langsung (halah...) tp sy bisa rasain itu, trus jg prtnyan2 kepo n care dr org2 "udh isi blm? udh bathi blm ? (< mmg sy jualan? koq pake bathi = untung) "kapan hamil?", dst..yg kyk begitulah yg bikin sy down, klo dr diri sendiri sih sy rasa gak deh.
Masih inget jg, awal2 divonis (vonis? ya lbh kurang begitu) ada kista gede di ovarium sy, ya mewek, mellow, down, stress tp seiring wkt berjalan ya jalani idup lagi, gak down terus2an. Tp gak ngingkari jg, trauma tetep ada, sy mgkn trmasuk org yg cukup tegar tp mudah trauma ;D
*sigh*
Sy tau koq, ketika sampe sejauh ini sy kuat, sy cukup tegar, sy cukup bs hepi, itu semua krn topangan Tuhan yg gak pernah sekalipun ninggalin sy dlm keadaan apapun, pdhl sy sering banget lho lari dr Dia... Gitu itu enaknya jd anaknya Bapa di Surga, hehee... bkn alasan jg sih jd sembarangan n gak mensyukuri, teguran bahkan "hajaran" sebagai anak ttp ada.
Segini dlu deh postingan sy, setelah ini apa tahap yg akan dilalui, entah sy blm tau. Menunggu jadwal kontrol ke dokter, semoga setiap saran dr dokter adalah yg dikehendaki Tuhan.