Ada kesalahan di dalam gadget ini

Rabu, 18 September 2013

OUR LOVE JOURNEY (Part 2) – Relasi Fisik dalam Berpacaran


Hari ini, kembali belajar soal relasi fisik dalam berpacaran. Menyadari ini lagi membuatku bersyukur atas penyertaan Tuhan dalam hubungan saya dengan Mr. K sampai saat ini. Bersyukur karena pertolonganNya, sejauh ini kami bisa saling menjaga supaya tidak terlibat relasi fisik yang dalam. Bersyukur juga buat Mr. K, saya tau dia bukannya tidak menginginkan buat kami saling bergandengan, memeluk, etc, tapi saya tau dia menahan diri untuk menjaga saya juga. Yaaah secara Mr. K itu secondary love language-nya : physical touch, jd lebih kurang dia orang yg mengartikan sentuhan sebagai ungkapan kasih.

Saya juga bersyukur karena jika bukan Tuhan yg menolong kami, tentu kami sudah jatuh. Memang ada kalanya kami, khususnya saya, merasa lemah, saya ingin untuk melanggar komitmen kami soal relasi fisik ini. Bersyukur lagi karena Mr. K juga bukan tipe pria yg suka cari2 kesempatan buat dekat secara fisik,yg pastinya akan semakin membuat saya lemah. So, jika kami bisa saling menjaga sampai saat ini, itu semua karena anugerah dan pertolongan Tuhan.

Sejak awal kami masing2 udah tau kalo berpacaran secara Kristen itu gak pake peluk2an, apalagi cium n having sex. Karena itu, kami gak membangun batasan buat gak peluk-cium-ML, tp dari titik hands-off.

Lebih kurang 2 bulan di awal hubungan kami, kami sepakat  buat hands-off, artinya gak ada gandengan tangan dalam berpacaran ini. Tapi memang dlm kondisi2 khusus, saya boleh gandeng tangan dia, dan Mr. K jg boleh gandeng saya, tapi abis itu juga dilepas lagi. Kondisi khusus kayak apa ? Contohnya waktu nyebrang jalan raya, di tengah keramaian, dsb.

Memang keliatannya sok suci banget, kuno, jadul, gak asik, monoton, tapi saya yakin akan ada sukacita istimewa  yg Tuhan sediakan nantinya setelah menikah khususnya dalam relasi secara fisik. Sukacita apa ? Saya tidak tau, tapi saya meyakini itu.

So, knp tiba2 saya kepengen nulis soal relasi fisik dalam berpacaran ? Saya sadar betul, tulisan saya ga ada apa2nya dibanding tulisan tmn2 blogger yg WOW banget, yg bisa nulis dengan mendetail dan menarik banget kyk c Lia Stolzfus, c Grace Suryani, C Shinta, dll :D

Di sini saya cm mau sharing aja, kiranya jadi berkat buat yg pada mampir baca2 di blog ini.

Jadi ceritanya tadi sore waktu udah bubaran kantor, saya masih nunggu papa jemput saya. Nah drpd nunggu di pinggir jalan, saya pilih nunggu di dalem kantor aja sama bbrp tmn sambil browsing2 di internet. Waktu saya browsing, ada judul artikel soal 10 macam ciuman,  1 temen saya suruh saya buka tautan itu. Trus qta baca rame2 sambil komentar2 dari yg bermutu sampe yg gak ada mutunya sama sekali.

Abis baca2 itu, iseng2 sambil bercanda saya tny temen saya itu, “Eh kmu ama pacarmu udah pernah 10-10nya?”

Temen saya jawab kalo bbrp dia dah pernah lakuin sama pacarnya, dia bilang ya cuma cium2 aja untuk mengungkapkan sayang, jangan mikir nafsunya. Trus dia balik nanya ke saya, saya jawab ya belom pernah. N memang gak mau gituan sampe nikah nanti. Maunya first kiss ya pas wedding kiss d altar. Trus saya jelasin kalo aku sm pacarku memang sepakat bwt gak ciuman waktu msh pacaran, jg buat gak gandengan tangan. Temen saya tambah heran, mungkin pikirnya saya norak ndeso banget, kuno, pacarannya gak asik, dll, hehehe... trus saya tanya 2 temen saya lg yg ada di ruangan itu (blm merit smua), apa mreka jg cium2an gitu sama pacarnya, tp gak ada yg dng tuntas n serius jawab saya :(

Karena itu saya mikir, ternyata gaya berpacaran org2 Kristen saat ini pun jg gak beda jauh sama org2 dunia (3 temen saya itu org Kristen smua, yg 1 jg aktivis gereja). Dari kisah tadi sore itulah muncul keinginan buat nulisin ini. Kejadian td sore itu menyadarkan saya bahwa penting bgt buat membangun batasan fisik dalam berpacaran, karena semua dimulai dari 1 titik, dan kalo soal relasi fisik lawan jenis itu berlaku ‘point of no return’, artinya kalo dibuat grafik, grafiknya akan naik terus.

So, saya kembali bersyukur karena Tuhan yg menolong kami untuk membangun batasan fisik sejak awal, menolong buat menjalani kesepakatan/komitmen itu, dan terus menjagai kami.



Senin, 26 Agustus 2013

Our Love Journey (Part 1)

Saat ini, kira2 udah berjalan 6 bulan, saya masuk satu kelas di sekolah kehidupan yg namanya kelas Courtship J Bukannya mau pamer ato gimana, saya cuma excited aja buat menjalani kelas ini, makanya kepikir buat nulisin apa pengalaman saya di sini, semoga bisa jd berkat buat temen2 blogger yg mampir ke halaman saya :D

Introduction

Our Love Journey isinya nanti adalah kisah antara saya dan dirinya ---sebut dia dengan Mr. K--- and tentu aja dengan Tuhan yg telah mempertemukan kami.
Yang bakalan saya tulis di sini nantinya adalah bagaimana proses pengenalan kami, kegagalan2, sukacita dalam relasi ini, dan juga soal persiapan kehidupan pernikahan kami, saya rindu relasi kami ini menjadi berkat bagi banyak orang.
Di Part 1 ini saya mau tulis gimana kami pertama kali ketemu, kenalan, n sampe masuk kelas Courtship ini. Let’s start !

6 Desember 2007

Hari itu hari Kamis kira2 jam 7.30pm, saya n beberapa temen gereja  pergi ke Tiong Ting (Rumah duka di Solo) buat menghadiri acara maesong papa seorang temen yang meninggal. Waktu itu saya sama 1 temen cewe duduk di teras n kami ngobrol soal kuliah. Trus di belakang saya ada 1 temen cowo saya (J) lg ngobrol sama temennya (yaitu si Mr. K), yg ternyata temen kuliahnya dia. Waktu kami ngobrol2, tau2 si J n Mr. K nimbrung obrolan saya, krn waktu itu saya lagi cerita ttg praktikum pengelasan di kuliah saya. Mereka nimbrung karena nyambung juga gt (secara J n Mr. K ini kuliah di teknik Mesin). Trus dari ngobrol2 itu akhirnya saya bisa tau namanya Mr. K, kuliah n angkatannya (ternyata kami se-fakultas tp beda tingkat 4 tahun). Abis itu karena rombongan saya udah ngajakin pulang, yah saya pulang, n Mr. K ini juga ikutan pulang sendiri. 
Sampe di rumah, saya masih biasa aja sama Mr. K, waktu itu malahan saya lg tertarik ke orang lain, tp entah kenapa saya pengen nulis2 di diary saya ttg perkenalan saya dng Mr. K.  Saya masih inget betul, waktu itu rasanya saya ada feeling kalo suatu hari setelah hari itu, saya akan ketemu lg dng Mr. K (bukan ketemu asal ketemu d kampus  gt misalnya, krn dia masih urus skripsinya. Sampe skrg saya sendiri gak bisa mendeskripsikan feeling saya waktu itu, yah pokoknya cm merasa nanti pasti ketemu lagi :d).
Ternyata, kemarin  waktu saya tanya ke Mr. K, dia juga punya semacam feeling yg sama klo suatu hari pasti bisa kenalan lebih lanjut sama saya..
Saat itu kami gak sadar kalo Tuhan sedang mempertemukan kami, walo saat itu saya lagi tertarik ke orang lain…

Desember 2007-Akhir 2009

2 hari setelah kami ketemu itu, hp saya dapet sms dr nomer baru, ternyata Mr. K yg sms saya, dapet nomer lewat temen sy si J tadi. Dari situ kami kenalan, ngobrol dan pertama kali dia ke rumah saya waktu saya adain acara tutup tahun sama bbrp temen di rumah saya.
Hubungan berlanjut, dari sms-an sampe ke gereja dan pergi berdua, bisa dibilang HTS sih, saya sempet kenalan dengan keluarga besarnya juga. Saat itu sebenernya kami tau klo kami sama2 ada perasaan, tapi posisi saya memang harus menunggu Mr. K menyatakan.  Dan sampe sekitar akhir 2009, Mr. K tidak menyatakan perasaanya, akhirnya saya yg merasa “digantung” memilih buat menghindar, sampe kita lost contact beberapa lama.

Akhir 2009 – Awal 2012

Saya dan Mr. K lost contact.. kami cuma saling kirim sms ucapan n tanya kabar wkt  Bday, natal, paskah, n Imlek aja. Dari sisi saya, waktu lost contact itu jujur saya pernah deket  sama 1 atau 2 pria, tp semuanya gak ada yg klik, waktu deket dengan mereka pun saya masih keinget Mr. K, trus waktu itu sebenernya saya memang belum siap menjalin hubungan serius sama pria karena masih dalam masa pemulihan abis dikecewakan sama seseorang yg PDKT sama saya pas saya masih SMA.
Kalo dari sisi Mr. K, waktu kita lost contact itu dia gak deketi cewe siapapun walo sempet dikenalin juga sama tantenya ke seorang cewe. Dia malah lagi kerja keras waktu itu, buat merintis usahanya, jadi gak kepikir juga buat suatu hubungan.

February 2012

Waktu itu saya udah kerja, trus waktu saya ultah, Mr. K sms buat ngasih ucapan, trus dia dengan tersirat blg pengen ketemuan sama saya, alasannya minta ditraktir krn saya udah kerja n lg ultah. So, hari Jumat tgl 10 February dia jemput saya di kantor pas jam istirahat n kita makan siang berdua.
Pas itu, Mr. K kasih saya hadiah kalung perak berliontin salib n gambar buket bunga hand-made nya dia. Waktu saya tanya kenapa dia kasih saya kalung, dia bilang krn saya orang yg spesial buat dia. Saya speechless mau jawab apa, krn d 1 sisi saya seneng tp di sisi lain sy jg capek klo harus ber-HTS lagi..
Sampe sekitar Maret 2012 kita masih kontak tapi gak ketemuan, trus lost contact lagi sampe pas malam Natal taun itu, saya dapet kabar dari dia kalo mamanya meninggal… =’(

Desember 2012

Tgl 25 dini hari, sekitar jam 2 pagi saya tiba2 terjaga n liat Hp trus tau ada sms masuk. Sms dari Mr. K, dia ngabarin kalo mamanya meninggal mlm itu. Dia minta tolong saya buat bantu kasih kabar ke temen2nya yang saya juga kenal.
27 Desember 2012, saya dateng sendirian melayat ke Tiong Ting. Setelah sekitar 8 bulan kami terakhir ketemu, saya ketemu lagi sama Mr. K di tempat kita pertama kali ketemu. Dia menyapa saya, temeni saya duduk, kami ngobrol sebentar dengan suasana kaku.
28 Desember 2012, tokonya masih tutup karena masih dalam suasana berkabung, Mr. K nawari jemput saya kerja, karena dia terus maksa, akhirnya saya mau. Dari situ kita mulai kontak dan ketemuan lagi.  Hubungan kami berlanjut lagi, kami tetep bisa akrab walopun udah lama gak update hidup masing2.

Sabtu, 26 Januari 2013

Mr. K krumah saya, trus kami ngobrol banyak hal sampe Mr. K buka pembicaraan tentang kenapa dia “ngilang” selama beberapa waktu lalu. Malem itu, Mr. K meminta saya buat memikirkan apakah saya mau jadi istrinya (1 hal yg saya rindukan dari sejak saya memikirkan PH : seorang pria yg meminta saya bukan menjadi pacar, tetapi meminta untuk jadi istri). Dia juga cerita kenapa dia dulu tdk segera memulai hubungan, apa alasan2nya, dia gak suruh saya jawab saat itu juga. Saya minta waktu buat menggumulkannya dulu.  Mr. K juga bilang kalo saya terima dia, dia siap menikah tahun depan.
Waktu dia pulang, saya yg shock, bingung, seneng, complicated banget, rasanya campur aduk, gak pernah memikirkan untuk menikah tahun depan.

Trus selama lebih kurang 2 minggu saya menggumulkan hal ini di hadapan Allah, minta nasehat ortu n pembimbing rohani plus temen2 yg bertumbuh. Saya bercermin juga tentang karakter saya, dan karakter Mr. K yg sejauh itu saya tau, kira2 bagaimana kami nantinya. Akhirnya hari Rabu tgl 13 Februari 2013, 4 hari setelah ultah saya yg ke-25, saya menerima Mr. K dan masuklah kami dalam kelas Courtship :D

Sampe hari ini, kira2 kami udah menjalani kelas Courtship ini selama 6,5 bulan. Dan kami sangat menikmati hubungan ini J


Kami bersyukur kepada Allah kami yg telah mempertemukan kami dengan cara-Nya, dan terus memproses kami sampai saat ini. Kami percaya Allah juga yang akan terus menolong kami untuk mengejar kekudusan, menjagai relasi fisik di antara kami sampai tiba hari pernikahan yang kami rencanakan J

Selasa, 20 Agustus 2013

Quiz Get To Know You Better

Liat blog nya kak Meg di SINI, jd pengen ikutan iseng2 isi quiz nya juga (Quiz Get to Know You Better), ini hasilnya :

Your view on yourself:
You are down-to-earth and people like you because you are so straightforward. You are an efficient problem solver because you will listen to both sides of an argument before making a decision that usually appeals to both parties.

The type of girlfriend/boyfriend you are looking for:
You like serious, smart and determined people. You don't judge a book by its cover, so good-looking people aren't necessarily your style. This makes you an attractive person in many people's eyes.

Your readiness to commit to a relationship:
You prefer to get to know a person very well before deciding whether you will commit to the relationship.

The seriousness of your love:
Your have very sensible tactics when approaching the opposite sex. In many ways people find your straightforwardness attractive, so you will find yourself with plenty of dates.


Your views on education
Education is less important than the real world out there, away from the classroom. Deep inside you want to start working, earning money and living on your own.

The right job for you:
You have plenty of dream jobs but have little chance of doing any of them if you don't focus on something in particular. You need to choose something and go for it to be happy and achieve success.

How do you view success:
Success in your career is not the most important thing in life. You are content with what you have and think that being with someone you love is more than spending all of your precious time just working.

What are you most afraid of:
You are concerned about your image and the way others see you. This means that you try very hard to be accepted by other people. It's time for you to believe in who you are, not what you wear.

Who is your true self:
You are mature, reasonable, honest and give good advice. People ask for your comments on all sorts of different issues. Sometimes you might find yourself in a dilemma when trapped with a problem, which your heart rather than your head needs to solve.


Menurut ak, ada cocoknya, ada enggaknya, any comment ? :D

Minggu, 21 Juli 2013

Fakta Menyambut Kelahiran “The Royal Baby of Cambridge” vs Fakta Kelahiran “The SON of GOD”

Fakta Menyambut Kelahiran “The Royal Baby of Cambridge”  
vs  
Fakta Kelahiran “The SON of GOD”

Kayaknya dunia especially kerajaan Inggris lagi heboh ya menantikan kelahiran anak dari Pangeran William n Kate Middleton. Sampai2 di Yahoo td nemu tulisan tentang “10 Fakta Menyambut Kelahiran Anak Kate Middleton”. Trus dari situ, kepikir deh buat bikin tulisan ini. Bukan bermaksud membandingkan antara bayi Yesus n calon bayi mereka sih…Cuma menurutku menarik aja nih dibikin tulisan :D
Cekidot !

(Tulisan warna biru itu aku ambil dari Yahoo, yang warna pink itu tambahan dari aku)
1.Pers sudah mulai berkemah di sekitar halaman Rumah Sakit St Mary, tempat di mana Kate berencana untuk melahirkan anaknya, demikian laporan Daily Mail. Untuk mengakomodasi semua wartawan dan fotografer, rumah sakit juga telah membangun »kolosal” pers untuk mereka.
>> Nabi2 PL udah menubuatkan kalo di Betlehem Efrata akan lahir seorang yg akan memerintah Israel, nah boro2 persiapan macem2 untuk kelahiran sang bayi Mesias, bahkan orang2 saat itu tidak aware bahwa Maria yg sedang hamil tua dan cari tempat itu akan melahirkan Sang Bayi yg nantinya akan memerintah Israel.
2. Rumah sakit juga akan berusaha keras untuk memastikan The Duchess memiliki banyak ruang parkir untuk mempersiapkan kehadiran para tamu yang akan menjenguk Kate. Dua minggu sebelum Kate melahirkan, empat lahan parkir di depan Lindo Wing di Rumah Sakit St Mary's di Paddington, London Barat, telah dibangun dalam menyambut persiapan tersebut.
>> Saat itu, buat tempat bermalam n melahirkan Yesus aja Maria dan Yusuf gak ada tempat, adanya di kandang hewan...
3. Alexandra dan George, adalah dua nama yang paling memungkinkan untuk nama royal bayi Kate,” menurut Ladbrokes, sebuah perusahaan game yang berbasis di Inggris. Nama-nama populer lainnya, termasuk Victoria dan Charlotte, untuk nama bayi perempuan serta James, Phillip, dan Alexander nama untuk bayi laki-laki. Keduanya telah menjadi peluang untuk nama bayi Kate Middleton yang telah diperkirakan masyarakat.
>> Nama Sang Bayi yg akan memerintah Israel sudah ditentukan, yaitu Yesus... Sang Putra Allah yang Maha Tinggi, Nama yg berkuasa, Nama yg kepadaNya semua akan bertekuk lutut dan menyembah...
4. Pemerintah Finlandia memberikan hadiah aneh untuk Kate Middleton. Mereka memberikan hadiah kondom untuk menyambut kedatangan royal bayi tersebut. 
>> Sekumpulan gembala datang dengan membawa diri mereka, dalam kesederhanaannya mereka sujud menyembah kepada Bayi Yesus... Para majus dari jauh datang membawa persembahan mereka, mas kemenyan dan mur, sesuatu yang menurut khotbah yg pernah saya dengar, hadiah2 itu adalah untuk persiapan kematian dalam adat Yahudi...
5. Perusahaan perhiasan Inggris juga telah menciptakan sebuah gelang yang memiliki gantungan yang berfungsi sebagai tempat menaruh krim anti ruam untuk kulit bayi. Harga gelang ini diperkirakan sebesar £ 10.000  atau sekitar Rp 151 Juta.  
>> No comment :D
6. Kehadiran royal bayi juga diharapkan dapat meningkatkan perekonomian Inggris. Analis ekonomi Inggris memperkirakan akan terdapat penambahan pengeluaran sebesar 240 juta pound atau sekitar Rp 3,6 triliun yang dikeluarkan masyarakat Inggris untuk memberikan hadiah kepada Kate Middleton.
>> Kehadiran Yesus akan membebaskan dan menyelamatkan serta akan memerintah Israel...
7. William dikabarkan bertekad untuk berada di sisi istrinya ketika dia melahirkan. Hal ini menyusul langkah ayahnya yang mendobrak tradisi Istana Inggris dengan mendampingi istrinya, Putri Diana, ketika melahirkan kedua putra mereka, menurut Daily Mail.
>> Yusuf juga mendampingi Maria, bahkan dia dipakai Allah untuk melaksanakan rencana Agung-Nya, membawa Yesus beserta Maria menyingkir ke Mesir sewaktu Herodes berencana membunuh-Nya.
8. Sejak hamil, Kate telah mengubah gayanya. Bahkan »lebih seksi,” kata desainer Julien Macdonald. "Saya suka melihat dia memakai gaun berpotongan pendek selutut saat hamil.” "Pakaian dan gaya Kate Middleton saat hamil pun langsung menjadi tren," kata desainer tersebut.
>> No comment :D Baju wanita adat Yahudi saat itu yaa seperti yg digambarkan di film2 itulah kira2..
9. Sejumlah sumber yang dekat dengan calon ibu berusia 31 tahun itu mengatakan bahwa Kate ingin melahirkan secara normal ketimbang menjalani operasi caesar seperti yang banyak dilakukan selebriti lainnya. Persalinan ini rencananya akan menghabiskan biaya hingga 10.000 poundsterling
>> No comment :D Jaman dulu sudah ada SC belum ya ?

10. Untuk mengetahui jenis kelamin bayi dan informasi mengenai kelahiran bayi Kate Middleton, hal tersebut tidak akan diumumkan di Twitter. Namun, diberitakan melalui pemberitahuan yang dipasang di atas papan yang dipajang di depan Istana Buckingham.
>> Informasi kelahiran bayi Yesus, nama, jenis kelamin, diberitakan langsung oleh malaikat dari Surga !

Selasa, 02 Juli 2013

WHAT IF...

Orang-orang berkata kalo gue :
Galak, keras, polos, lemot :D

Kalo dapet 1 milyar gue pasti :
Perpuluhan ! Investasi, nabung, beli rumah, beli mobil !

Klo kejebak macet gue...
Maenan HP (asal jgn pas lowbatt aja...)

Indonesia adalah negara yang...
sbenernya punya alam yg indah n SDA melimpah, but SDMnya... krg memadai :D

Mantan gue...
Hummmmm... 
Hufffff.....
Huhhhhh........
Kagak punya mantaaaan !!

Klo berada di depan kuburan M.J...
(Michael Jackson?) Aku mau tanya knp dia sampe hrs operasi plastik...

Hidup ini penuh dengan..
PILIHAN !

Tak ada tempat yang indah selain...
kamar tidurkuuu...

Ke mana pun gue pergi, pasti bawa...
HP, dompet, sisir, tissue, botol minum, face paper, ahaaay !!

Kalo divonis kanker...
Respon pertama : nangis ! Abis itu mungkin aku akan bikin surat perpisahan ke orang2..hikz..

Pagi-pagi enaknya makan...
nasi anget plus ikan asin (yg kering2 gt deh..)

Pekerjaan yang paling membosankan di dunia adalah...
menunggu org yg ngaret !

Hal yang paling mengerikan di dunia adalah...
Kalo mata normal bisa liat virus n bakteri2 yg bertebaran...di makanan, minuman, dimanapun...

Bencana alam itu...
suatu hal buruk yg terjadi pada alam...

Waktu SMA gue dikenal sebagai...
Zoa :D

Saat yang paling tenang, saat...
di WC !

Paling males kalo ngelihat...
ABG2 4L4Y yg pacaran mesra2an d mall... belom waktunya booo!

Kalo orang ciuman didepan gue...
Jd kepengen juga...hahaahahaaaa.....

Gue pengen banget...
Pergi bermisi !

Wanita2 cantik dan seksi di dpan gw sambil ketawa2 keras2, dalem pikiran gue...
Lagi ngobrolin cowo !

Pria dengan jeans robek", baju hitam gambar tengkorak, ngerokok, nongkrong depan circle-K, dalem pkrn gue..
PREMAN...

Orang yang sok imut dan sok childish...
pasti sebenernya dia gak imut...

Lagi jalan, ada yang lewat pake motor bilang "fuck you"
colek dia, sambil bilang : "indonesian please.."

Mama papa bilang kapan nikah?
belom didateline :D

Afgan dateng kerumah...
Mau ngapain ya, ngefans juga enggak..

Kalo tengah malem ditelepon pacar...
gak denger, HP silent :)

Kalo besok kiamat..
Aku mau bikin 3 permintaan :D

Yukkk teruskan Notes ini.. Let me know yaa kalo kalian buat... Gue mo bacaaa! Pasti seru dehhh.hahaha.

Senin, 10 Juni 2013

Jual PowerBank

Hi bloggers!
Mo buka lapak nih, jual powerbank :)
Sementara ready merk Cross, yg 4500, 5800 n 8800.
Cross 4500- Rp215rb
Cross 5800- Rp195rb
Cross 8800-Rp225rb

Harga belum trmasuk ongkir :)

Minat, PM me ya! Bisa email ke : rachele_joan@yahoo.com

Kamis, 24 Januari 2013

CELL GROUP OUTING “Who Are You In The Dark ?” (23-24 Januari 2013)



Mumpung ada waktu agak luang n dengan sisa2 tenaga + mata yang tinggal 15 Watt aku mau nulis ttg CG Outing 2 hari kemaren :D

Setiap kali pulang CG Outing selalu timbul pertanyaan dalam pikiranku, “Taun depan masih bisa ikut CG Outing komisi pemuda lagi gak ya?” Pertama, karena faktor usia. Yaaah..memang sih aku gak paling tua diantara tmn2 YCC, ada yg lebih tua koq (baca : pembimbingnya :D). Kedua, ntar kalo Outing lg aku masih di komisi pemuda or udah naek ke MuDes yaa... Maunya sih di sini terus, hihihi...

Mumpung sekarang masih bisa n boleh ikutan, dinikmati n disyukuri aja. CG Outing selalu jadi moment yang ditunggu-tunggu (yang setuju angkat tangan!), karena di acara itu kita gak hanya dapet prinsip2 FT aja, tp juga bisa merasakan kasih persodaraan + keakraban di antara sodara2 seiman, bisa bermalam sama2 (kadang desek2an di kasur :p), bisa share sampe larut malem tanpa harus mikir besok kerja/kuliah (karena kita selalu pake tanggal merah buat Outing), bisa sa-te bareng kelompok, dll.

Outing kali ini kita ke TawangMangu lagi n nginep semalem di Wisma Asri I. Promosi dikit soal villa ini, udah murah, bersih, dapet breakfast, n tempatnya baguuus... ada taman n mainan anak2 :)

Peserta yang sekitar 20 orang dibagi dalam 3 kloter, bukan apa2 sih... Cuma karena ada yang masih kerja or ngurus keperluan lain jadi baru bisa berangkat tgl 23 malem. Kloter I berangkat sekitar jam 1pm, kloter kedua jam 5pm, n yang ketiga sekitar jam 7pm. Aku ikut kloter yang kedua sama beberapa temen.

Rabu, 23 Jan 2013
Sebelum kloter ketiga nyampe, kita ngadain acara permainan yaitu “Ranking I” (yang kayak di tipi itu). Pertanyaan2 yang diajukan seputar materi Cell Grup selama tahun 2012, ada juga sih materi yang awaaaal bgt kyk Pelajaran 5 Jaminan itu (buat nge-tes masih pada nyanthol apa nggak :p). Di sela2 pertanyaan serius, ada pertanyaan hiburan yang aneh2 n nyleneh (hihihi...:D). Khusus pertanyaan hiburan, yang bs jawab dapet hadiah (hadiahnya shampo sachet, sikat gigi, pasta gigi, tau aja nih kalo pada gak bawa :p). Game nya cukup seru apalagi ada pertanyaan dadakan, yaitu “siapa dari kloter III yang pertama kali masuk pintu” :p
Selesai game, dilanjutin acara Refleksi yang dipimpin Ibu Benita. Refleksi ini berkaitan seputar karakter juga, yaitu karakter apa yang sudah tumbuh dalam pribadi masing2, yang masih diperjuangkan dan masih diproses. Buat bahan kita merefleksi diri, masing2 sudah disuruh bawa catatan saat teduh 2012 (bergunaaa sekali lhooo mencatat sa-te tiap hari !). Trus masing2 disuruh ambil tempat buat Alone With God, jarang2 banget lho bisa dapet waktu buat merefleksi kayak gini. Kalo gak meluangkan waktu, gak akan mungkin bisa deh, karena sehari2 kita terus dikejar oleh ini-itu, kuliah, kerja, pelayanan, etc. Akhirnya taun demi taun ya lewat gitu aja, tanpa pernah menyadari bahwa sedang diproses Allah melalui HPDT dan peristiwa2. 

Abis refleksi, kita kembali ke ruangan tadi n saatnya free time :D Ada yang nonton tipi (yang cowo2 tuuuh...), n kaum cewe pada berkelompok ngobrol, main gitar, ngemil, dll, ada yang siap2 mau tidur juga. Sekitar jam 12 lewat, udah pada masuk kamar smua n tiduuurr karena besok pagi harus bangun buat ikut 2 sesi (kalo gak ikut, ngapain ikutan Outing...hihihi..)

Kamis, 24 Jan 2013
Pagi2 ada yang udah bangun n bangunin yang laen, udara dingiiiin banget jadi males buat beranjak :D But, tetep harus bangun. Kita mulai hari dengan ada yg bikin kopi, teh, dll.. ada yang lgsg mandi, ada yg saat teduh dlm kelompok atau sendiri2.
Jam 8 sesi 1 dimulai, pembicara Outing kali ini adalah Pak Has (lupa ejaan namanya :p). Tema sesi 1 adalah Everyday Character. Berikut resume-nya :
Roma 8:28-29 : Tujuan Allah adalah membentuk setiap orang percaya menjadi serupa dengan Kristus, dan Ia akan melakukan segala sesuatu (termasuk mengambil semua yang ada pada kita, menghajar kita, dll) untuk tujuan itu.
A.     Mengapa saya harus serupa dengan Kristus ? Toh kasih Allah tidak bergantung pada ketaatan saya kepadaNya (Rm 5:8). Saya harus serupa dengan Kristus karena :
1.    Menurut Kolose 1:15, Yesus adalah manifestasi dari Allah yang tidak kelihatan yaitu supaya manusia bisa mengenal Allah. Karena itu orang percaya harus serupa dengan Kristus karena itulah cara Allah menunjukkan diriNya kepada manusia supaya orang lain bisa mengenal Allah.
2.   Menurut Yoh 15:8, karena Allah ingin kita memberi buah bagi dunia. Buah itu tak lain tak bukan adalah buah2 Roh, yaitu karakter2 Kristus sendiri.

Menurut Markus 7:20-23, yang menentukan hidup seseorang adalah yang di dalam hati, dan yang di dalam hati itu memancar keluar. Ketika Tuhan Yesus dianiaya dengan begitu rupa, sama sekali tidak ada umpatan dari mulutNya karena hati Tuhan Yesus adalah sempurna. That’s why, karakter itu penting karena Tuhan melihat hati (I Samuel 16:6).

B.      Bagaimana membangun karakter ?
1.       Lahir baru (Ef 2:9-10)
Ketika melahirbarukan kita, Allah menyucikan semua dosa2 kita, memberikan hati yang baru, roh yang baru, bukan hati yang keras tapi hati yang taat, bahkan Dia sendiri tinggal di dalam kita (Yeh 36:25-27).
2.       Persekutuan Pribadi
Yoh 15:4-5 : hidup di luar pokok anggur = mati. HPDT tidak hanya terkait dengan ‘apa yang saya dapat dari FT hari ini’, tetapi terutama bertemu dengan Allah yang adalah Sumber Kehidupan.
3.       Belajar lewat apapun
Amsal 24:32 : Tuhan mendidik tidak hanya lewat FT, tetapi melalui setiap peristiwa yang kita alami dan dialami orang lain. Yang diperlukan adalah kepekaan.
4.       Tekun menderita
Karakter tidak pernah dibentuk melalui sesuatu yang gampang. Yak 1:24 : menerima bahwa setiap penderitaan adalah proses dari Tuhan, karena itu harus berbahagia dan bukan sekedar menghibur diri atau berpura2 bahagia).
Yang terpenting adalah RESPON kita. Selama respon kita salah, karakter saya akan tetap sama. Karena itu Tuhan akan mengijinkan kita menemui hal yang terus sama, sampai respon kita benar.

Selesai sesi 1, kita semua keluar ruangan sejenak supaya fresh lagi n sekalian menguji kenarsisan diri, berfotooo.... :)



Abis foto2, semua masuk lagi dan dilanjutin sesi 2. Sesi kedua ini punya tema Good Character, pembicaranya Pak Has lagi. Berikut resume-nya :

Akar masalah manusia adalah pemberontakan, yaitu tidak mau diatur, ingin jadi seperti Allah. Sejak dilahirbarukan, seharusnya bukan lagi kita tetapi Kristus yang hidup di dalam kita (Gal 5:19-20). Solusinya adalah ketaatan. Kita mengasihi Allah jika kita melakukan FT (Yoh 14:21), dan ada janji di sana bahwa kita akan dikasihi Bapa. Artinya bukanlah bahwa ketaatan/ketidaktaatan kita akan menambah/mengurangi kasih Allah kepada kita, tetapi dengan kita taat maka pengalaman akan kasih Allah itu yang akan bertambah. Ini bergantung pada seberapa berani kita untuk taat supaya semakin mengalami kasihNya.
A.   Taat kepada Otoritas dari Allah, yaitu :
1.    Orang tua (Ef 6:1-2)
2.    Suami (Ef 5:22-24)
3.    Pemerintah (Rm 13:1)
4.    Atasan (Ef 6:5-7)
5.    Pemimpin rohani (Ibr 13:17)

Perlu kita waspadai agar tidak jatuh pada ‘ketaatan yang salah’. Pada II Taw 10:13-14 Rehabeam (anak Salomo) lebih tunduk pada pendapat teman2 sebayanya. Sebagai orang percaya, kita diperintahkan untuk menguji segala sesuatu (I Tes 5:21).
B.   Membangun Ketaatan
   Bagaimana membangun ketaatan ? II Tim 3:16-17 : Apa yang harus ditaati (FT) à lakukan bentuk2 ketaatan à kalau gagal, mengaku dosa dan perbaiki diri à disiplin terus melatih ketaatan.

C.    Kerendahan Hati
Teladan kerendahan hati Tuhan Yesus (Ef 2:1-11) :
1.    Mulia, tapi tidak menuntut dipermuliakan
2.    Menempatkan diri sebagai hamba
3.    Menundukkan diri dalam ketaatan

Akar kesombongan itu dimulai ketika manusia merasa cukup dengan dirinya dan tidak melihat kepada Allah. Kesombongan itu bermegah karena dirinya, terpusat pada diri (termasuk orang yang minder = memegahkan kelemahannya).

D.   Sumber Kerendahan Hati
          Menurut Matius 3:16-17 Allah berkenan kepada Tuhan Yesus sebelum Tuhan Yesus mengerjakan apapun di dunia. So, kalo begitu  keyakinan saya akan penerimaan sempurna dari Allah membuat saya tidak menuntut penerimaan orang lain (kesombongan sebenarnya adalah kebutuhan untuk dihargai). Pemahaman bahwa ‘saya dikasihi dan dihargai Allah’ menolong kita untuk rendah hati.

E.   Membangun Kerendahan hati
1.  Miliki cara pandang yang benar terhadap diri sendri à gunakan cara pandang Tuhan untuk memandang diri
2.    Jangan membandingkan diri dengan orang lain, tapi dengan standar FT.
3. Disiplin untuk tidak menilai, mengomentari/membicarakan kehidupan orang lain (seringkali hanya untuk menunjukkan bahwa ‘I am better than him/her’.
4.    Bersyukurlah dan kembalikan kepada Tuhan ketika menerima penghargaan
5.    Bangun sikap yang benar dan sehat terhadap kritik

Sesi 2 selesai kira2 jam 12 siang, setelah itu dilanjutin dengan makan siang bersama n beres2 lalu pulang kembali ke Solo.
Senang rasanya bisa CG Outing seperti ini. Tentu banyak hal yang bisa jadi PR setelah selesai outing, dan semoga tidak ‘sindrom 2 minggu’ :D