Ada kesalahan di dalam gadget ini

Kamis, 21 April 2016

Pregnancy Update : Spotting

Hari Rabu sore kmrn tiba2 saya keluar flek coklat sedikit, agak panik tp mikirnya mungkin gara2 td siang keseringan jongkok berdiri main sama ponakan sebelah rumah. Trus sy sy bawa tiduran aja sambil bbm cicik n temen saya yg pernah punya pengalaman flek waktu hamil.

Temen sy suruh sy bedrest 1x24 jam, trs besoknya baru ke dokter. Tp cicik sy suruh sy cpt ke dokter malam itu juga, krn takutnya nanti tengah malam kontraksi dan membahayakan kandungan saya. Sy cb tlp apotik tempat praktek dokter sy, dr. Eriana, tp krn gak ambil nomer urut dr paginya jd sy harus nunggu semua pasien selesai, biasanya sekitar jam 00.30 baru habis pasiennya.
Saya mengurungkan niat ke sana, bisa bikin stres nunggu selama itu dan malah bisa membahayakan. Jg suami sy pas baru aja minum obat, jd dia dah agak ngantuk krn pengaruh obatnya.
Waktu itu udah hampir jam 9 mlm, cicik sy yg rumahnya tengah kota langsung inisiatif datengin tempat praktek dokter Ivan di daerah Kratonan, yg pasiennya biasanya gak terlalu banyak. Praktek dr. Ivan udah mau tutup sebenernya karena dah hampir jam 9 mlm, tp cicik sy blg ke perawatnya buat tunggu sbntr krn ada pasien yg flek dan mau ke situ. Akhirnya perawatnya mau nungguin.
Jam 21.15 sy sampai di sana, bikin kartu pendaftaran trus langsung diperiksa dokter. Krn keburu2 berangkat, sy lupa kalo harus minum banyak dulu biar pas di-USG bisa jelas. Jadi dokternya harus menekan perut saya supaya rahimnya keliatan di layar USG.
Akhirnya bisa kelihatan, walo samar2... dokter menunjukkan ada pembesaran rahim, dan ada kantung janin, tp janinnya belum nampak.

Selesai periksa, dokter lalu menghitung usia kandungan sy berdasarkan HPHT. Hitungan dokter sama dengan hitungan sy, 7week. Biasanya di uk segitu, janin sudah nampak walo kecil. Sy tanya ke dokter flek itu karena apa. Dokter blg, itu tanda2 keguguran. Maka sy disuruh bedrest dan diberi obat penguat yg dimasukkan lewat dubur. Juga diberi anti kontraksi rahim, trus obat penguat oral yg diberikan dokter sebelumnya waktu sy cek di uk 4w ditambah dosisnya jadi 3x sehari. Dokter menyuruh untuk kembali kontrol 2 minggu lagi, semoga janinnya sudah terlihat. Saya pernah membaca kalo uk 7W biasanya janin sudah terlihat dan detak jantungnya sudah ada, tapi memang ada juga yang belum. Dari situ sy berpikir mungkin ini ada indikasi janin saya tidak berkembang, memang tidak 100% kemungkinannya.

Waktu itu sy sedih, tp berusaha rileks dan tenang. Tapi liat suami sy down, sy malah jd ikutan down. Akhirnya sy blg ke suami, klo qta harus kuat ga boleh stress, sy blg sy dah berusaha kuat dan lihat dia down itu malah bikin sy sedih. Saya tau sih, mmg sulit buat suami sy untuk tidak stres karena perjuangan kami gak sedikit untuk saya bisa hamil. Trus ditambah dia lagi banyak pikiran mengenai bbrp hal.

Kemarin ketika suami selesai berdoa tumpang tangan di atas kandungan sy, sy blg kalo kita perjuangkan ini benar2, tp kalo memang pada akhirnya tidak berkembang, ya sudah kita harus rela. Saya bergetar ketika mengatakan itu, tp sy berusaha tdk menangis. Saya harus tegar, tidak boleh stres. Saya justru menangis ketika saat bedrest sy berdoa sendiri kepada Allah.

Kamis sore dan Jumat siang ini sebelum sy menulis blog, ada keluar flek coklat lagi. Di 1 sisi, sy memohon mujizat Tuhan dinyatakan, berharap flek ini berhenti dan janin sy berkembang baik, sy belajar mengimani itu. Tp tidak memungkiri di sisi lain kemanusiaan sy lemah sehingga sy juga mulai mempersiapkan hati jika memang janin sy tdk bisa berkembang dan harus dikeluarkan. Saya percaya segala sesuatu yg harus sy jalani, tidak pernah terlepas dari campur tangan Allah.
Sebuah ayat yg tidak sengaja saya temukan sejak awal kehamilan sy adalah dr Mazmur 33:22. Ya, saya hanya mengharap kasih setiaNya terus menyertai kami. 

2 komentar:

  1. I pray for you and family Yo...Kita sama2 belajar percaya ya, Tuhan yang dah taruh janin di kandungan kita, Dia yang akan berikan pertumbuhan. Aku pernah dihibur temen kayak gini:Tuhan adalah Allah yg sanggup mengadakan konsepsi di dalam rahim kamu, itu adalah pristiwa yang ajaib.
    Tuhan juga sanggup menjaga untuk baby tetap bertumbuh dan berkembang. Kalau sampai ada hal yang gak diinginkan terjadi dlm hdp kita, itupun kita harus bljar pcaya bhw ada kebaikan Tuhan di dalamnya skalipun pada suatu masa mungkin kita gak ngerti knp Tuhan izinin terjadi.

    Semangat ya sayangggg...*hugs*
    Pregnancy is a journey of faith.
    Yok kita sama2 berjalan dalam iman Yo (ini nasehatin diri sendiri juga, hohoho).

    BalasHapus
  2. Tengkyu kak Meg bwt doa n kata2 semangatnya... Iya bener2 a journey of faith deh. Ak brdoa kiranya kakak n baby sehat, pertolongan Tuhan dinyatakan setiap hari. amin

    BalasHapus