Ada kesalahan di dalam gadget ini

Minggu, 19 Juni 2011

ROH KUDUS (PNEUMATOLOGI)-CHAPTER 2


Setelah chapter 1 kmrn bahas ttg Siapakah Roh Kudus dan Nama2 Roh Kudus (yang belon baca, lihat di SINI), skrg masuk ke bahasan ttg Karya Roh Kudus. Secara garis besar, karya Roh Kudus ada 4 : Evangelistis, Pedagogis, Organis, dan Kharismatis. Apa itu ?
Cekidot!
1.   Karya Roh Kudus yang Evangelistis (Yoh 16:8-11; Yoh 3:5-6)
·      Roh Kudus menginsafkan, mempertobatkan, dan melahirkan kembali. Artinya ialah status sebagai anak Allah dan keanggotaan di dalam Kerajaan Allah hanya dimiliki melalui kelahiran baru oleh Roh Kudus.
·      Roh Kudus juga memeteraikan orang percaya sehingga orang percaya sah/resmi menjadi milik Allah, tidak ada sesuatupun yang dapat memisahkan dari kasih Kristus. Peristiwa ini terjadi seketika saat kita dilahirbarukan oleh Roh Kudus, satu kali untuk selamanya.
2.   Karya Roh Kudus yang Pedagogis (Yoh 14:26; Yoh 16:13)
·      Roh Kudus memimpin, menghibur, dan mengajar orang percaya. Roh Kudus menguasai dan memimpin hidup orang percaya, tidak terbatas pada satu kali pengalaman saja, melankan dapat berulang-ulang tergantung sejauh mana penyerahan hidup kita kepada Allah Roh Kudus.
·      Dipimpin Roh Kudus artinya bukan seberapa banyak saya memiliki Roh Kudus dalam hidup saya (=terima/dapet Roh Kudus waktu KKR), tetapi seberapa banyak saya menyerahkan diri untuk dipimpin Roh Kudus.
3.   Karya Roh Kudus yang Organis (Roma 8:13; Galatia 5:22,23)
·      Roh Kudus memperbaharui, menumbuhkan, dan menyucikan. Roh Kudus memperbaharui orang percaya untuk membentuk karakternya agar semakin serupa dengan Kristus.
4.   Karya Roh Kudus yang Kharismatis (Kis 1:8; I Kor 12:7-11)
·      Roh Kudus memberikan kuasa, keterbebanan, dan karunia untuk melayani. Setiap orang percaya diberi minimal 1 karunia rohani oleh Roh Kudus, yang diberikan mutlak menurut kehendak-Nya. Jadi kita tidak bisa memaksakan punya 1 karunia rohani tertentu karena hak Roh Kudus secara penuh untuk memberikannya.
·      Setiap orang percaya seharusnya dan sewajarnya punya kerinduan, keterbebanan untuk melayani dan membangun tubuh Kristus karena Roh Kudus sendiri yang memberikannya. Jadi, semestinya tidak ada alasan lagi untuk tidak mau melayani karena itu adalah kewajaran bagi orang percaya dan Roh Kudus sudah memberikan alatnya, yaitu karunia rohani.
Cukup sekian chapter 2 ttg Roh Kudus, kiranya tulisan ini bisa jadi berkat buat pengunjung blog Life With Christ !
GBU abundantly! :)

2 komentar:

  1. Yup....RK berkarya dengan bermacam cara. Biarlah Dia terus bekerja di dalam kita dan melalui kita, dan nama Yesus diumuliakan. Amin

    BalasHapus