Ada kesalahan di dalam gadget ini

Rabu, 18 Mei 2016

Cerita tentang Kuret

Hai readers ! Dari kemaren2 mau bikin postingan soal kuret blm jadi2, awalnya kelupaan trs jd agak males krn udah lewat 2 minggu..hehe...tp tetep harus ditulis, bwt sejarah n kenangan.. so skrg lg maksa diri bwt nulis ini.

Di 2 postingan lalu, sy udah cerita ya kenapa sy hrs kuret. Iya saya mengalami abortus incomplete di usia kehamilan 8w5d, jd rahim sy harus dibersihkan. Sy kuret di RS Hermina Solo, dengan BPJS. Sejauh pengalaman sy pake BPJS di RS Hermina sih ga ada yg menyebalkan ya, scr umum pelayanannya sama antara pasien umum dan BPJS, cuma administrasinya aja yg luamaaa... ya mgkn krn harus rangkap2 dan pake naik kelas segala *positifthinking*. Tapi overall di Hermina, oke koq pelayanannya ke pasien. Semoga tetep seperti itu ya, semakin baik lg jd salah satu rumah sakit rujukan pasien BPJS.

Sy dijadwalkan kuret hari Rabu tgl 4 Mei 2016 pk 13.00. So, sy disuruh sm suster bwt sampe di RS gak lebih dr jam 6 pagi, dengan kondisi sudah sarapan karena mulai jam 6 itu sy harus puasa.

Jam 6 kurang 10 menit sy dah sampe di RS, urus pendaftaran ulang dsb. Trus nunggu beberapa waktu baru dipanggil ke IGD bwt dipasang infus.
Selesai dipasang infus, sy didorong pake kursi roda buat istirahat di kamar dulu sampe tiba waktunya dipanggil ke ruang operasi. Niat hati wkt itu mau minta perawatnya bwt jalan kaki sendiri aja ke kamar, masih kuat m sehat jg.. tp gak jadi lah drpd dikira pasien ngeyel :-D

Waktu istirahat di kamar, sy pake buat tiduran aja karena mmg kadang nyeri di perut masih cukup menusuk, selain masih pendarahan jg.
Sy ditemeni sm hubby, tp waktu jam besuk mama sm cicik sy dtg. Lumayan deh ada selingan bwt ngobrol mcm2 biar ga bosen n tegang.

Sekitar jam 12 siang sy diberi antibiotik via injeksi. Tapi sebelumnya buat tes ada alergi nggak, sy di-skintest dulu di bawah kulit.. klo ada alergi biasanya disekitar kulit itu akan meradang bentol2 dan gatal. Oke skin test berhasil, sy gak ada reaksi alergi. Trus antibiotik dimasukkan lewat infus. And oh this is happen again ! Sy alergi ! Bbrp menit kemudian udh berasa bentol2 di kulit kepala n wajah, krn sy udah pengalaman kyk gini sblmnya wkt laparoskopi dlu, hubby langsung sy suruh panggil suster. Sama susternya, antibiotik lgsg dihentikan n diganti lg sama cairan infus. FYI, dlu waktu pra laparoskopi, jg begini kejadiannya. Waktu di-skintest aman2 aja, tp waktu disuntikkan langsung tuh bentol2 sesaat kemudian. Sy udah catet jg nama Antibiotiknya apa, dan udah lapor ke suster, trus dikasihlah antibiotik yg lain, tapi tetep aja kyk gini *sigh*

Abis itu sy didorong ke ruang operasi, dengan wajah yg msh bentol2. Penawarnya nanti akan diberikan di ruang persiapan untuk operasi. Oke deh, tahan2 gatalnya jangan digaruk.

Di ruang persiapan, sy disuruh ganti baju operasi sm suster. Sambil kedinginan nunggu masuk ruang operasi, ada ibu2 jg mau SC, sy ajakin ngobrol aja macem2 biar sama2 gak tegang, lumayan buat membunuh waktu juga drpd galau. Si ibu ini takut bgt mau operasi, sy sih waktu itu udah lumayan santai krn tau bakal dibius umum (=bakal tidur nyenyaaak bgt :p), n udh ada pengalaman laparoskopi jg jd gak takut2 bangetlah.

Akhirnya setelah setengah jam nunggu, sy dipindah ke ruang operasi. Di situ masih nunggu dokternya dtg jg becoz masih ada pasien di poli.
Sekitar jam 2 siang, dokter anestesi sm petugas anestesi dtg, trs si dokter ini ajak ngobrol sy macem2 sambil si petugas siapin senjata buat membius sy. Waktu mau disuntik, sy sempet lirik jam dinding, jam 14.10. Si dokter masih ajak ngobrol jayus2 gitu, sy blg "sy dah berasa ngefly nih dok, ngantuk bgt", dokternya nanya 1 hal lg, sy cm jwb "hmm..." gt aja trus terlelap.

Beberapa menit kmdn, sy kerasa ada gerakan2 tangan suster di badan sy lg siap2 pakein celana n pindahin sy ke kasur dorong. Sy masih merem, tp mulut sy udh bisa ngomong, sy blg "sus, koq sy masih kerasa ya?", susternya jawab "kerasa apa bu?", sy blg lg "kyk blm tidur 100% gt.." Suster jawab lg "kuretnya sdh selesai koq bu..", sy cm jwb "ooh.." gt aja..trus tidur lg. Jadi, waktu itu sy merasa blm terbius 100% gt kan takut ya klo pas dikuret sakit, jd sy blg ke susternya. Eh ternyata itu efek biusnya dah mulai ilang, jd sy ga sadar klo udah tidur beberapa menit. Hahahaa...maluu...

Abis itu sy dpindah ke ruang pemulihan, sy minta tlg suster buat panggilin suami. Waktu itu hampir sekitar jam 3 sore, jd sy kuretnya gak lama. Trus suami masuk n sy udah 80% sadar waktu itu, sesekali masih tidur sebentar, trs bangun ngobrol lg.

Praise the Lord pemulihan sy boleh dibilang cukup bagus, sy gak mual, gak pusing, tekanan darah n denyut jantung normal. Sekitar jam 6 sore sy belajar jalan, n dibantu ganti baju sm suami di kamar mandi. Karena susternya pada rempong semua, maklum lah hari itu ada 4 SC n 3 kuret berturut2 jd di ruang pemulihan itu para pasien dijejer kayak ikan asin :p

Abis ganti baju sy udah rewel kelaperan, maklum ya dr jam 5 pagi sy terakhir keisi makan minum. Tp kudu nunggu dulu smpe efek biusnya bener2 ilang, krn takutnya bikin mual kalo keisi makanan.
Akhirnya jam 7.30 pm dikirim makanan ke ruang pemulihan, kt suster sy dah boleh coba makan tanpa harus kentut dulu. Sy minum teh manis hangat, hmm.. enak sekali. Cukup membuat badan segar. Abis itu makan pisang setengah buah, trus lanjut makan nasi lembek stgh piring. Abis makan sy udah berasa berenergi, tadinya sempet nggliyeng krn kelaperan.

Trus sy ngeributin pengen pulang, rewel bgt ya klo dpikir..hehee... Sm dokter jaga, sy diperiksa trus dinyatakan boleh pulang, ga perlu opname. Ya iyalah, waktu itu sy udah ngobrol sambil bercanda ngikik2 sm hubby, udah keliat sehat.
Nungguin administrasinya n obat disiapin, lamaaa bgt... jam 20.50an smua baru selesai n sy baru bisa pulang. Akhirnya... puji Tuhan... mari kita pulang. Selesailah 15 jam di Hermina.

Bersyukur bgt krn sy bs pulih dengan cukup baik saat itu, tanpa keluhan2 yg cukup berarti sehingga bisa pulang dan lanjut istirahat di rumah aja. Dokter blg abis kuret ga perlu bedrest sih tp gak boleh kecapekan n angkat2 berat. Sy istirahat jg cm sehari aja besoknya. Hari Jumat sy udah aktivitas lg n pergi belanja bbrp barang di supermarket sm hubby.

Rabu minggu lalu, 11 Mei 2016 jadwalnya sy kontrol. Waktu diUSG 2D rahim sy udah bersih, puji Tuhan. Sy cm diberi obat penghenti darah nifasnya aja, dan disuruh kembali kontrol waktu dapat haid.

Terima kasih Tuhan atas penyertaanMu untuk proses kuret yg sy telah jalani.

1 komentar: