Minggu, 08 Oktober 2017

2nd Pregnancy and kuret again... (Part 1)

Postingan ini akan jadi postingan yang sangat panjang...Karena juga mencakup 5 draft yang udah sy tulis saat hamil kmrn.
Memang waktu itu saya belum posting karena kata orang kalo hamil jangan dibrita2kan kalo belum 3 bulan...kata orang dulu pamali gt.
Kehamilan kedua saya kemarin berjalan sampai 9w5d aja dan berakhir dengan kuretase (lagi..). Nanti di part 2 sy akan cerita saat saya tau bahwa janin saya sudah meninggal dan juga proses kuretnya.

SAAT KUTAU KAU ADA (2nd PREGNANCY) - 28 Agustus 2017
Ketika kita tidak mendengar suaraNya, bukan berarti DIA tidak ada.
Ketika kita menyangka DIA diam, bukan berarti DIA tidak bekerja.
Welcome my 2nd pregnancy 
I'm so grateful.
Satu tahun lebih setelah kuret (postingannya di SINI), setelah sangat lelah dan seakan hilang harapan untuk mengusahakan kehamilan, setelah tidak ada hari yang terlewati tanpa memikirkan kapan hamil, setelah lelah meminta dalam doa, ternyata Tuhan menjawabnya di bulan ini. Terimakasih Tuhan.
5-11 Agustus 2017
Sempet nyadar kenapa rasanya gak kayak mau dapet tamu bulanan, kram perut biasa aja. Dada (baca : p***d***) udah berasa berat dan sensitif nipple sejak bbrp hari lalu. Nafsu makan sedikit bertambah, trus batuk pilek udah semingguan datang dan pergi, badan rasanya cpt capek. Mood swing...nah ini extreme bgt  sempet sekali krn hal sepele banget jd kcw ma suami, sampe mbrebes mili (=nangis) diem2... hahahaa... pdhl biasanya kalo kyk gt sy jutek'in aja gak sampe nangis  Sempet nyadar, what's wrong with me? PMS gak biasanya kyk gini... tapi ttp ga mengharap hamil, takut kecewa 
12 Agustus 2017
Jadwalnya dapet haid, msh bersih. Sempet ngitung2 siklus lagi... liat di aplikasi Hp history bulan2 yg lalu. Trus mikir...hmm bisa aja telat mpe 32 hr, dulu jg pernah...tp itu kan waktu dksh penyubur sama dokter. Selain itu rutin 25-29 hr aja siklusnya.
Masih nggak mengharap hamil.
14 Agustus 2017
Mulai was2 tp nggak mengharap juga... trus wa-nan sm temen dkt.. tny kalo diitung telat itu diitung dr siklus atau tgl kalender sih? Trus katanya ntar kalo telat seminggu aja baru di testpack, malah dia yg feeling aku hamil dr bbrp hr lalu 
15 Agustus 2017
Masih bersih.
Mikir2... kalo ternyata beneran hamil apa nggak lbh bagus lbh cpt diketahui aja? Mengingat riwayat kehamilan yg pertama... jd misal positif trus ke dokter n dikasih penguat itu lebih bagus deh. Inget besok lusa tgl merah...dokter pd libur. Trus...
16 Agustus 2017
Pagi2 beraniin testpack... tampung urine, buka kemasan TP, celupin... yg pertama kebaca garisnya adalah garis test-nya warna merah gak pake samar, trus baru garis kontrolnya keliatan. Excited banget liatnya, tangan sampe gemeteran... mulut gak berhenti ngucap "aku hamil, terimakasih Tuhan"  Entah knp yg ini yakin kalo positif, gak ambil TP yg kedua buat mastiin.
Karena pas kehamilan pertama lalu gagal kasih surprise ke hubby, so kali ini ga boleh gagal lagi donk 

Kebiasaan hubby kalo bangun tidur tu selalu ambil minum, pas liat yg aku tempel tadi dia langsung sumringah banget n tanya aku "2 garis artinya hamil kan?"  Trus dia bilang pantesan koq aku gak mens2, kmrn udah mau ditanya sm hubby tapi belom jadi tanya.
Trus malemnya kita ke dokter, yang lain pada tirakatan kita antri dokter  Pas diperiksa, ternyata rahim masih bersih baru ada penebalan rahim aja yg itu bisa jadi 2 kemungkinan : mau haid atau mau hamil. Dokter gak kasih obat atau vitamin apapun karena belom pasti, diliat 2 minggu lagi.
Yeah...galau plus kecewa. Soalnya waktu kehamilan pertama dulu telat 1 hr aja udah keliatan kantungnya, yg ini telat 3 hari belum keliatan apa2.
Pulangnya wa-nan lagi sama temen yg td, cerita abis dr dokter bla bla bla. Katanya cb dijaga aja sp tau beneran hamil... mengingat riwayatku hamil lalu...aku disuruh bedrest aja apalagi kadang aku ngrasa kram2 perut kayak mau haid gt. Kalo dia positif thinking aku hamil, TP positif artinya ada hormon HCG di tubuhku dan gak ada penyebab di diriku yg membuat TP positif false gitu. Mungkin belum keliatan aja karena memang gak ada yg tau pasti kapan pembuahan itu terjadi dan mungkin karena waktu diusg kmrn kandung kemihku nggak penuh. Dia juga menyarankan seminggu lagi coba cek ke dokter lain. Akhirnya aku ikutin sarannya buat bedrest, yah walo gak total sih...masih urus kerjaan rumah yg ringan2, tapi sama sekali gak urus kerjaan toko. Selebihnya tidur2an aja di kasur. Kami berusaha mengusahakan yang terbaik, banyak istirahat, hubby langsung beliin aku susu kehamilan, beliin buah, dll.
Seminggu berasa lama sekali... sempet khawatir kalo ektopik gimana, dll tapi berusaha positif thinking aja.
24 Agustus 2017
Seminggu berlalu...tiba waktunya buat ke dokter lagi. Kali ini saya memilih dr. Soffin Arfian untuk berkonsultasi. Waktu diUSG, langsung keliatan kantungnya di rahim  dokter bilang ukurannya sesuai umurnya. Puji Tuhan... saya beneran hamil dan tidak ektopik seperti yg ditakutkan.
Dokter blg usia kandungan sy msh muda sekali, jadi memang hrs dijaga bener2, banyak makan terutama makanan sehat, banyak istirahat, nggak boleh capek fisik, mental dan pikiran. Trus sama dokter sy dikasih penguat kandungan dan bbrp vitamin.

28 Agustus 2017
Saat ini usia kandungan sy 6W1D, sy berusaha santai dan menikmati setiap harinya. Mual2 ada tapi masih tertahan dan masih bisa masuk makanan dan susu. Bersyukur dan dinikmati aja. Satu lagi, saya terus berusaha berpikiran positif...menghalau pikiran2 buruk dan kekhawatiran yg sempat melintas dan membawanya dalam doa. Semoga kehamilan kedua saya ini boleh berjalan lancar, sehat dan akhirnya kami akan menimang bayi kami 
-28Agustus2017-
SETIAP KEHAMILAN ITU UNIK (31 Agustus 2017)
Setiap kehamilan itu berbeda, jadi jangan pernah bandingkan diri dengan bumil2 lain. Kalo liat bumil2 yg sejak hamil muda pun tetep lincah dan gak ada masalah dipake beraktivitas sehari-hari seperti biasa, rasanya iri ya knp aku gak bisa gt. Tapi kalo tau ada bumil2 lain yg di awal kehamilannya sampe hyper-emesis, sampe opname krn takut dehidrasi, harus suntik ini itu krn ada kelainan, dll...hmm... jd malu sendiri. So, lebih baik belajar legowo dan bersyukur aja. Belajar legowo kalo harus mengurangi aktivitas, kalo harus stop naik turun tangga, harus dobel2 porsi istirahatnya (bukannya males tp dokter suruhnya gt..heheh). Belajar bersabar kalo sementara waktu gak bisa dolan sana sini, jelong2 di mall, hehee...
Tmn saya nasehatin, kalo kita diberi kondisi kehamilan yg "bermasalah" ya sudah jalani aja dng bersyukur, jangan bersungut2. Bersyukur saya gak perlu harus inseminasi/bayi tabung, bersyukur saya wiraswasta dan gak kerja ikut orang jadi gak perlu bingung hrs ijin/cuti, gak perlu sungkan ke atasan n rekan kerja, dll. Iya ya banyak yg bs disyukuri sebenernya 
Balik lg bahwa setiap kehamilan itu unik. Gak usah jauh2 deh bandingin sm orang lain, wong hamil yg pertama sama yg ini aja beda koq. Yah walo hamil yg pertama sy cm merasakan bbrp minggu aja, tp saya sdh merasakan bbrp perbedaannya sama kehamilan yg ini yg jg br bbrp minggu.
Yg sy bandingkan masalah nafsu makan nih..
Waktu hamil pertama, sebelum tau positif memang saya gak nafsu makan..krn mmg lg batuk pilek. Trus pas batuknya udah sembuh, nafsu makan sy meningkat banget. Apa2 mau, nasi oke, cemilan oke, buah oke, semuanya deh. Dari yg rasanya strong sampe yg soft aja masuk ke perut semua. Trus waktu hamil pertama dulu..kalo pagi saya malah ga mual. Mualnya pas dah selesai sarapan sampe jam 11an, tapi gak sampe muntah. Abis itu laperr terus ni perut sampe malem. Gak heran kalo waktu itu dlm 4 minggu kehamilan BB sy naik 2-3 kg.
Kalo sekarang... pagi saya sering merasa mual tapi tidak sampe muntah. Trus udah bbrp hari rasanya kurang nafsu makan terutama nasi. Hmm...nasi masih doyan sih..cm jd picky bgt lauknya. Yg cocok di lidah baru sy bs nelan n makan lumayan banyak. Kalo gak cocok, hmm... sedikit nasi masuk ke perut aja udah bagus. Memang sih gak harus makan nasi, bisa diganti jagung, roti, kentang, dsb. Tapi dasarnya orang Indonesia ya... kalo gak makan nasi bs stres 
Akhirnya sy berusaha menyiasati dengan makan dlm porsi sedikit tp sering. Contohnya pagi2 sebelum siap sarapan, makan 1 slice roti tawar dulu daripada perutnya kosong terlalu lama. Dan memang perut kosong itu yg semakin memicu mual. Intinya jangan biarkan perut kosong terlalu lama, yg ada mual n keringat dingin mengucur. Herannya,kalo buah saya bisa makan terus, seger di mulut sih soalnya.
Yeay ! Setiap kehamilan itu unik, jadi jangan pernah merasa aku begini koq bumil itu begitu, dll. Syukuri kehamilan yg adalah Anugerah Tuhan ini dan nikmati setiap proses entah enak dan tidak enak.
8 WEEKS AND STILL COUNTING (10 Sept 2017)
Hari ini kehamilan saya masuk usia 8W. Yang saya alami nggak beda jauh sama minggu2 kemarin. Hanya saja sekarang kalo pakai panty yg agak ketat jd berasa gak nyaman di perut karena mungkin rahimnya udah lebih besar dari minggu lalu ya.
Mual udah jarang saya rasakan, kalopun iya mual ringan aja. Pokoknya kalo pagi bangun tidur langsung isi perut dulu paling gak sama 1 slice roti tawar, udah gak bikin mual. Trus kalo gak sampe perut kosong banget, juga gak mual.
PD udah berkurang bengkak dan nyerinya, kadang aja  kalo malem tengah2 tidur balik badan agak kerasa senut2. Tapi akhir2 ini nipple nya yg suka gatal, mungkin karena peregangan kulit.
Pusing, memang jarang bgt dirasa sejak tau hamil. Pernah sekali dua kali aja karena malemnya susah tidur.
Soal nafsu makan, masih kurang banget. Apalagi yang namanya nasi, doyannya kalo pas pake lauk yg cocok di lidah aja. Itu aja cuma bisa masuk 2-3 sendok makan. Bisa dibilang tambah picky eater..hehehe.. Tapi kalo makanan lain yg seger2, macam pempek, selat solo, sup jagung, bisa doyan terus.
Entah sampai kapan nafsu makan nasi saya akan membaik. Yang penting buat saya jangan sampai kelaparan, dan tetep dapet asupan gizi dari makanan lain.
Segini dulu update kehamilan saya. Saya masih terus menantikan proses dan perubahan apa lagi di tubuh saya, n pasti akan saya update lagi. Excited banget pokoknya !
Happy 8w !
YES, I WANT TO BE A MOM  (11 Sept 2017)
Semalem percakapan di grup wa ibu2 rempong (xixixixi...) ngomongin soal baju anak diskonan di salah 1 dept. Store di Solo. Trus saya nimbrung juga...wah kangen ngawul juga nih (ngawul means istilah kami utk berburu baju diskonan or promo). Saya bilang kapan ya bisa ngawul lagi...masih dikarantina nih... blm merdeka, udah pengen jelong2 ngemall..hehehe...
Trus salah satu temen komen... Ini blm apa2 lho Jo, nanti abis ini ada baby jd smakin gak bebas  Saya jawab aja nanti babynya diajak dolan donk 
Trus obrolan berlanjut dengan topik lainnya.
Pas mau tidur saya merenungkan  pembicaraan tadi. Suatu obrolan singkat yg menyadarkan saya bahwa ya sbentar lagi ada baby. Saking excited sm hamilnya dan 'menikmati' setiap proses enak gak enak ini...saya jadi "melupakan" esensi yg sebenarnya yaitu bakal ada baby setelah ini. Konyol ya 
Trus saya merenung...iya abis ini ada baby yg di awal2 hidupnya bisa dibilang dia akan bergantung sama saya sepenuhnya. Hidup saya bisa dibilang akan tambah kesibukan, mungkin tenaga dan waktu saya akan habis sebagian besar untuk merawat bayi. Saya membayangkan nantinya saya gak bisa lagi 'kabur' dolan sendiri ke mall, janjian sama temen, jalan dan belanja brg temen2. Hidup saya pasti akan berubah.
Tapi semakin saya merenung, semakin saya merindukan untuk bayi ini segera ada. Memang akan melelahkan, tapi saya tau akan ada sukacita yg besar ketika saya merawat bayi saya. Ketika nanti saya bisa lihat tumbuh-kembangnya dari hari ke hari. Ketika makhluk kecil itu begitu bergantung sama saya... Ketika saya mengajarkan kepadanya tentang Tuhan. Oh indahnya!
Yes, I want to be a Mom. Saya ingin dan saya mau jadi ibu.
Nak, kamu dinantikan, diharapkan, dirindukan oleh kami... tumbuhlah dengan sempurna di dalam sana ya. Dan kelak kita akan bertemu muka dengan muka.
SAYA MALU (15 Sept 2017)
Beberapa hari lalu seorang teman lama saya posting foto baby-nya dengan dikelilingi ratusan alat suntik yang dia buat formasi bentuk hati/love. Di captionnya dia bercerita singkat bagaimana perjuangannya hingga baby ini lahir.
Sedikit banyak saya tau kisahnya via chat di wa ketika dia awal2 hamil. Baby-nya ini baby ke 2, setelah yang pertama meninggal dunia. Jadi ceritanya, dia hamil dengan hyperagregasi trombosit, jd darahnya gampang mengental...padahal semua nutrisi ke janin adalah melalui aliran darah. Waktu hamil pertama, bayinya lahir di usia 21W setelah sebelumnya kontraksi2 terus. Dilahirkan hidup tetapi tidak bertahan karena masih sangat kecil. Waktu hamil kedua dia pindah dokter, dan dia di awal2 hamil ini juga flek terus. Untungnya dokter ini mencurigai mengenai kekentalan darah. Kemudian dia setiap hari harus suntik pengencer darah dan bedrest.
Kemudian di uk 20W..dia harus menjalani tindakan mengikat mulut rahim krn serviksnya mulai membuka di waktu yg terlalu dini. Dan dia harus menjalani bedrest di sisa kehamilannya. Jika dihitung dia menjalani 7 bulan bedrest dan entah berapa ratus injeksi yang dipakai.
Saya bener2 appreciate sama temen saya ini. Saya bener2 merasa ikut senang saat tau dia akhirnya bisa melahirkan bayi dengan lancar dan sehat. Amazing !
Ketika kami chat di wa, kami saling share dan menguatkan (karena dia juga tau saya juga berjuang untuk kehadiran buah hati). Saya diberkati oleh hatinya yg berserah kepada Tuhan tentang kehamilannya. Dia cerita dia berdoa jika Tuhan memang memandangnya belum siap menimang bayi ini, dia mempersilahkan Tuhan ambil dan beri dia kekuatan. Dia tidak lagi "nggondeli" (ngotot memegang) kehamilannya. Dan mungkin karena keberserahannya ini Tuhan berbelas kasih dan memberi kekuatan yang melampaui akal manusia. Dia bersyukur sekali bisa menjalani 9 bulan itu dengan luar biasa. Bahkan Tuhan memberikan jalan melalui kebijakan perusahaan tempat dia bekerja sehingga dia tidak perlu resign padahal 7 bulan tidak masuk kerja dan tetap menerima gajinya setiap bulan. Benar2 hebat cara Tuhan berkarya 
Denger kisahnya, saya dikuatkan dan juga merasa malu. Ya saya malu karena banyak mengeluh dan tidak sabar. Saya sering mengeluh ketika harus mengurangi aktivitas.. tidak sabar ingin pergi jalan2, mengeluh ketika mual2, marah2 ketika badan mudah lelah, dsb.
Perjuangan saya... tidak ada apa2nya dibanding teman saya tadi. Mungkin jika saya harus mengenakan sepatunya dan berjalan di lintasannya, saya belum tentu sanggup.
Sekarang, ketika saya tergoda untuk mengeluh dan tidak sabar saat menjalani kehamilan ini...saya mau mengingat kisah teman saya ini.
Tuhan yg kami sembah memang luar biasa !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar