Ada kesalahan di dalam gadget ini

Kamis, 30 September 2010

ANAK TUHAN DAN KARIRNYA

Sebagai orang Kristen kita percaya bahwa Allah menyediakan kelompok pekerjaan untuk manusia. Yang PERTAMA, pekerjaan untuk membangun tubuh Kristus (gereja yang visible ataupun invisible). Ini adalah pekerjaan yang hanya dapat dikerjakan oleh orang-orang yang sudah dilahirbarukan oleh Roh Kudus dan mereka yang secara khusus mendapat panggilan Allah. Jenis pekerjaan pembangunan tubuh Kristus ini hanya dapat dikerjakan dengan "spiritual gifts" dari Allah (Roma 12, lKorintus 12, Ephesus 4, Galatia 5 dan sebagainya).

Yang KEDUA adalah kelompok pekerjaan yang tujuannya adalah untuk "memanusiakan manusia", seperti pendidikan, kedokteran, filsafat, musik, arts, psikologi, hukum, dan sebagainya. Untuk kelompok ini Allah memberikan talenta/bakat yang harus terus dikembangkan supaya manusia dapat menggarap area hidup tersebut dan dapat memuliakan Allah. Melalui musik yang agung misalnya, manusia dapat memasuki dimensi-dimensi hidup yang begitu dalam sehingga mereka lebih peka terhadap kehadiran dan karya Allah yang penuh keajaiban. Allah memanggil manusia untuk membebaskan setiap dimensi hidup dari jerat kesia-siaan (Roma 8:19-21)

KETIGA adalah kelompok pekerjaan yang tujuannya adalah untuk "mengenal, mengontrol (memanipulir secara benar), dan memakai hukum alam" demi tujuan menciptakan alat-alat yang dapat membantu kehidupan manusia. Ini juga pekerjaan yang membutuhkan talenta yang khusus (misalnya keahlian dalam fisika dan matematika) sehingga manusia dapat menciptakan alat-alat dan mesin-mesin (misalnya radio, telepon, komputer, mobil pesawat terbang, dan sebagainya) untuk menunjang kehidupan manusia. Untuk ini Allah memberikan mandat budaya kepada manusia untuk memenuhi, menaklukan dan mengerjakan bumi dengan segala isinya (Kejadian 1:28).

Yang KEEMPAT adalah kelompok dari jenis pekerjaan yang Allah "izinkan", yaitu pekerjaan yang pada dirinya tidak mempunyai makna khusus dalam tujuan penciptaan manusia kecuali untuk "melelahkan atau menyibukkan diri manusia" (Pengkhotbah 3:10). Dalam kelompok ini termasuk, misalnya, pekerjaan membuka toko kelontong, toko roti dan ice cream, restoran, bank, pabrik kain dan konfeksi, dan sebagainya. Memang, masing-masing juga membutuhkan bakat atau talenta, tetapi bakat atau talenta tersebut tidak mempunyai objektif yang secara khusus menjadi bagian integral tujuan penciptaan Allah. Pekerjaan-pekerjaan ini boleh ada, boleh juga tidak ada di dunia ini, dan sebenarnya hampir semua jenis pekerjaan ini sebenarnya diciptakan oleh "anak-anak dunia" dan akan terus bertambah. Nah, dalam konteks kelompok pekerjaan yang keempat inilah olahragawan seperti pemain tenis ada. Olahragawan bukanlah jenis pekerjaan yang punya objektif sebagai bagian integral penciptaan Allah. Bahkan, oleh karena pekerjaan ini tubuh manusia sebenarnya cenderung menjadi tidak sehat karena dipaksa dan dipacu lebih daripada yang sewajarnya.

Yang KELIMA adalah kelompok pekerjaan yang dibiarkan ada oleh Allah tetapi adalah sarana "anak gelap". Dalam kelompok pekerjaan ini termasuk, misalnya pekerjaan di pabrik rokok, pabrik miras, penerbit majalah porno, dsb. Hal ini tidak berbicara tentang pemilik usaha2 tersebut saja, tetapi juga mencakup pekerja / karyawan yang bekerja pada bidang2 tersebut.

diambil dari : http://www.gerejatoraja.com/catalogbertumbuh.7.html (dengan tambahan sesuai ceramah Pdt. Yakub Susabda)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar