Ada kesalahan di dalam gadget ini

Kamis, 06 Oktober 2011

My Spiritual Journey “September Ceria” (Part 2 – My Job n My Character)


Setalah di part 1 aku share bagaimana Allah mengajarku tentang ranting dan pokok anggur, sekarang di part 2 aku mau share tentang bagaimana Allah memakai my job buat mengasah karakterku.


Praise GOD karena bulan kemaren udah terima gaji ke-enam, jadi artinya udah 6 bulan aku kerja. N semakin bersyukur karena selama 6 bulan itu aku gak ada SD (Surat Dokter), ijin, absen, n telat masuk kerja. Jadi bisa dibilang 6 bulan full masuk terus gitu… :)

Ketika aku mencoba merenungkan tentang my job 6 bulan ini, aku semakin bersyukur karena ternyata Allah pake itu (salah satunya) buat mengasah karakterku. Dan saat ini aku masih terus diproses untuk 1 sifat yang bagiku udah “mendarah-daging” :D Sifat apa itu ? Cekidot ! :)

Buat orang2 deket yang kenal aku, pasti tau banget kalo aku orang yang sangat mencintai perencanaan matang dan detail. Hampir segala sesuatu aku rencanakan, dari kegiatan sehari-hari dengan bikin to-do-list, dst. Memang bagus karena menolong buat berpikir sistematis, terencana, dan gak menunda-nunda kerjaan. Tp karena terlalu merencanakan dengan detail, aku jadi suka mengendalikan hampir segala sesuatu spy rencana yang dah aku buat bisa berhasil, selesai, tanpa hal2 di luar rencanaku. Padahal faktanya, dalam hidup sehari-hari ada banyak hal yang tidak bisa kita kendalikan, entah itu benda, keadaan atau orang. Ketika ada hal-hal di luar rencanaku terjadi, itu akan sangat membuatku tertekan, down, dan langsung gak mood nglanjutin apa2.

Eittss, tp itu dulu. Sekarang memang masih ada sisa-siasanya siy :p tapi udah gak kayak dulu, n udah mending buanget (ayo2 buat yg kenal deket ma aku, kasih feedback+konfirmasi atas apa yang kubilang). And I know that is because of what He has done in my life. Salah satunya seperti yang ku bilang diawal, lewat my job.

My job memang bukanlah jenis kerjaan yang “waaaah” menurut dunia, apalagi kalo diliat dari latar belakang pendidikanku yang ST :) Sama sekali gak nyambung. But, aku percaya gak ada sesuatu hal pun yang menjadi tidak bernilai bila kita melakukannya dengan Dia dan untuk Dia.

Nah, di kerjaanku ini sering ada hal2 yang di luar rencana, yang gak terduga. Misal, untuk sehari ini aku udah bikin to-do-list harus ngapain aja, harus ketemu sama sapa, menghubungi sapa, sapa orang2 yang akan aku suruh buat kerjain tugas ini-itu, dll. Sering banget terjadi si A tiba2 gak masuk n harus segera aku cari penggantinya, atasan minta ini-itu, dll.. N hampir semua hal yang di luar rencana itu diperlukan mendesak, harus saat itu juga. Kayak gitu itu yang otomatis merusak apa yang dah aku rencanakan. Awal2 memang sulit karena ini berkaitan ma sifatku yang memang pengendali. Tapi sekali lg Praise The Lord karena justru Dia pake keadaan2 seperti itu untuk memproses karakterku.

Dia gak mau aku mengandalkan kemampuanku-rencanaku-to-do-listku-otoritasku buat mengatur bbrp orang-di kerjaan. Dia mau supaya walaupun aku merencanakan tapi aku harus tetap menyerahkan apa yang kurencanakan itu ke dalam kendaliNya. Bukan aku yang pegang setir, tp Dia :)

Dari seringnya kejadian di luar rencana kayak gitu on my job, Tuhan pake itu untuk memangkas sifat pengendaliku ini. Sekarang aku lebih “free” ketika ada hal2 di luar rencana terjadi, gak down berlama-lama tapi semakin bisa lebih cepet meng-“switch” otak buat mikir harus ngapain buat mengatasinya. Bisa dibilang sekarang masih bisa efektif ketika ada hal2 di luar rencana, beda dengan diriku yang dulu. Thx God!

Sebelumnya aku gak ngeh kalo Tuhan udah dan sedang memproses aku tentang sifat pengendaliku ini. Gak sadar kalo ada sesuatu hal yang Tuhan kerjakan selama beberapa bulan ini :) Jadi sadar justru ketika ada suatu hal terjadi minggu lalu. Nah kejadian apa itu ? Tunggu part-3 nya yaaaa… :D

Semakin mengamini dari Roma 8:28, sebuah ayat yang sangat sering didengar, dikatakan, dibaca, ditulis, tetapi bila semakin direnungkan tidaklah berkurang sedikitpun maknanya, betapa kayanya FirmanMu ya Allah !

Roma 8:28 versi The Message “That’s why we can be so sure that every detail in our lives of love for God is worked into something good.”

Yap, segala yang Allah kerjakan dalam hidup kita, bahkan dalam hal2 kecil dan terkesan “sepele” pun bisa Dia pake buat mendatangkan kebaikan bagi kita yang mengasihiNya, untuk mengerjakan sesuatu yang baik dalam hidup kita, agar semakin serupa dengan PutraNya :)

Praise Him ! All the Glory must be to the Lord !


Part 3 coming soon :)

4 komentar:

  1. Sama Non...Hahahaha, I love to make plans, goldar A gitu lohhhh.... jadinya BT banget klo banyak hal di luar rencana. Saat semua di luar rencana dan "kacau", aku blajar percaya kalo TUHAN mau hasilkan sesuatu yang baik dari "kekacauan" ini. Karakterku juga makin dibentuk, blajar terbuka dengan rencana Allah ^^V

    BalasHapus
  2. Yuupphh kakak mega :) aiihh senengnya dpt tmn share yg setipe gini, krn pasti paham bgt gmn rasanya sesuatu trjd d luar rencana.. hheheh..

    praise the Lord klo kraktermu jg trbentuk :)!

    BalasHapus
  3. hai salam Kenal yaa...

    we're same :)
    dulu juga aku kayak kamu, but now not again :d

    that's because of HIM too...
    ayat fav aku banget tuh Rm 8: 28

    BalasHapus
  4. salam kenal jg yuNra :) nama aslinya sapa niy ?

    yaaap!! all because of HIM :D


    GBU

    BalasHapus