Ada kesalahan di dalam gadget ini

Rabu, 03 November 2010

THE STORY OF MY FINAL PROJECT...

Praise GOD ! Thanks GOD! Berulang kali klo kepikiran apa yang mau saya tulis ini, cuma bisa bilang “thx GOD!”. Kenapa ?  Krn DIA memang Allah yang tak terukur n tak terduga kebaikan-Nya :)) dan selalu membuat saya bersyukur atasnya.
Okay, saya mulai aja kisah perjalanan final project saya alias si TA alias skripsweet ^^ (baca : skripsi )
Saya masih inget betul bagaimana kisah TA saya ini dimulai, bagaimana hari2 saya rasanya begitu suram krn belum dpt2 tema penelitian TA saya sedangkan temen2 saya satu per satu udah mulai maju-in proposal n udah dapet pembimbing. Saat itu, bulan Januari-Februari rasanya masih sangat jauh dan mustahil sekali bbrp bulan kmdn saya sudah menyandang gelar ST :)Thx GOD!

Setiap hari saya berdoa agar Tuhan bukakan jalan atau berikan pencerahan untuk tema TA saya, dan hampir tiap hari rasanya saya begitu gelisah, takut, bener2 gak tau harus ngapain deh. Ora et labora, berdoa dan berusaha, saya udah lakukan. Saya bukan tipe2 orang yang cuma berdoaaaa tp tanpa usaha. Saya coba menemui seorang dosen untuk meminta beliau jd pembimbing 1 saya dengan harapan ada tawaran tema TA dari beliau. Tapi saya juga tidak berhenti cari2 tema sendiri lewat internet. Saya bener2 suntuk saat itu, 2 tema yang saya coba ajukan ke beliau kurang disetujui. Saya benar2 merasa ma-de-su :p

Saya kutip 1 isi diary saya tgl 11 Februari 2010 (2 days after my bday) :
Aku putus asa. Gmn kalo aku gak usah lanjutin kuliahku aja ?
Td udah nyoba majuin 1 tema lagi, tp gak disetujui krn kurang aplikatif.. trus gmn? Aku harus pake tema apa ? Aku bingung, takut, putus asa...T_T
I believe that GOD bless my study. Amen.”

Keadaan seperti itu terus berlangsung sampe tgl 25 Februari saya menemui seorang dosen yang akhirnya jadi Pembimbing 1 TA saya, Mr. Irwan. Beliau menawarkan sebuah tema yang masih sangat amat asing buat saya, bahkan baru pertama kali saya dengar : usability. Dalam hati berpikir, makanan apa itu ??? :-D Beliau lalu memberikan sebuah paper untuk saya baca2 dulu dan supaya saya memikirkan apakah tertarik tema itu atau tdk. FYI : tema usability di jurusan saya masih sangat jarang.

Lagi2 kelemahan saya membuat saya ragu, saya sadar betul klo saya bukan orang yang suka mencoba sesuatu yang baru. Saya cenderung suka mengikuti track tema2 yang sudah pernah ada dengan harapan ada referensi ketika saya butuh nantinya :p Saya sempat ragu dan bingung krn hanya ada beberapa hari untuk memikirkannya. Saya menggumulkannya di dalam doa dan sharing dengan kelompok PA saya. Sampai suatu malam saya kembali membuka2 diary saya, dan saat itu saya menangkap bahwa ini adalah pintu yang Allah bukakan. Saya kembali berdoa dan memohon agar Allah memantapkannya, sehingga saya bisa kasih keputusan ke Mr. Irwan. 

Singkatnya, saya menerima tema itu dan mulai membuat proposal. Bahkan Mr. Irwan juga yang memilihkan Pembimbing 2 untuk saya : Mr. Wakhid. Thx GOD!

Proses pengerjaan TA saya ini bukanlah suatu hal yang gampang. Saya harus belajar konsep pelan2 karena belum pernah dapet materi ini di bangku kuliah. Tapi saya bersyukur krn 2 pembimbing saya begitu sabar membimbing saya sehingga TA saya bisa selesai dengan baik :)) Thx GOD!
Akhirnya, Selasa 5 Oktober 2010 saya ujian pendadaran. Tapi hari itu saya belum bisa dinyatakan ST karena masih harus ujian dengan 1 dosen penguji. Thx GOD krn ujian selanjutnya juga lancar dan saya resmi bernama Joanna, ST. :))

Mengingat apa yang saya tulis di atas, saya semakin meyakini bahwa Allah yang saya sembah turut berbagi dengan aktif di setiap momen hidup saya (bukan hanya masalah studi). Saya boleh lelah memperjuangkan TA saya, tapi DIA tak kenal lelah membangkitkan semangat saya lagi. Saya putus asa ketika sifat2 penakut dan ragu2 saya keluar, tapi DIA tak pernah putus asa membuat saya semakin bersandar pada-Nya karena kelemahan saya itu :) Thx GOD!

Saya bersyukur karena Allah mengijinkan saya lulus kuliah, dan saya tau betul ini bukan akhir dari segalanya tapi adalah awal saya akan memasuki dunia yang baru, dunia kerja. Saya juga bersyukur sekali atas nilai IPK yang saya capai krn pertolongan-Nya. Saya berbahagia walaupun tidak cumlaude :)) Saya percaya IPK saya tidak akan mendorong saya untuk menyombongkan diri. YES YES YES ! :D

Kalo Joan yang dulu mungkin bisa frustrasi karena gak bisa jadi number one atau dapet nilai jauuh di bawah nilai temen2. Tapi Joan yang sekarang gak lagi mengejar nilai terbaik agar dihargai dan diterima orang, atau supaya orang2 respek sama saya. Saya berharga bukan karena apa yang bisa saya capai, tapi saya berharga karena Kristus yang menghargai saya seharga hidup-Nya. Dan itu cukup bagi saya. Amazing Grace ! :D
Joan yang sekarang bukan hasil saya mengubah diri saya sendiri, tp semata-mata krn Allah yang mengubah berbagai karakter saya :D

Oya, satu lagi. Dari perjalanan +/- 6 bulan TA saya, setidaknya ada 3 perubahan karakter pada diri saya :
1. Berani mencoba hal2 yang baru; Salah satu contohnya saya harus menemui calon ahli untuk penelitian saya dan bagi saya bukan hal yang mudaaaahh untuk berinteraksi secara formal dengan orang yang tdk saya kenal.
2. Belajar mengalahkan kemalasan dan sifat menunda-nunda; Saya tipe orang malas (ngaku :p) dan saya sering mencari-cari alasan buat menunda pekerjaan yang seharusnya saya selesaikan. Padahal ya tau gak ada gunanya juga. Jadi sadar betul kalo menunda-nunda itu cuma akan memperberat sesuatu hal. Jadi numpuk2 n gak maksimal ngerjain-nya. Menunda-nunda juga bukan ciri LORDSHIP dalam hal penggunaan waktu.
3. Belajar sabar dan tekun; Ngerjain TA butuh kesabaran ekstra boo.... Kalo bukan karena Kristus yang memberikan kemampuan untuk bersabar +/- 6 bulan bergelut dengan hal yang sama, merevisi setiap detil n mengerjakan setiap tahapnya, sudah saya tinggal dari dulu2 final project saya.... hahaha.....^.^v

EBEN-HAEZER, sampai di sini Tuhan sudah menolong. Dan saya percaya masih ada banyak momen2 hidup saya lagi dimana saya akan berkata EBEN-HAEZER :))
Buat penutup, saya pengen ngutip 1 ayat :

Romans 8:28

And we know that in all things God works for the good of those who love him, who have been called according to His purpose.


Percaya bener dah klo Allah Sang Pemilik Hidup saya akan selalu turut bekerja dalam setiap momen hidup saya untuk mendatangkan kebaikan bagi saya. Allah yang saya sembah tidak pernah merencanakan kecelakaan, tapi rencana damai sejahtera bagi saya. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak mempercayakan hidup saya di tangan-Nya.

THANK YOU LORD, YOU’RE BREATHTAKING^_^

4 komentar:

  1. wohh nice experience..hehee..
    salaam knaal yaaa.hohoo..
    kul dmnaa mang??hehee. trnyataa gue follow blog loe.ehehe.

    BalasHapus
  2. Hohoho...iya niy ^^

    salam knaall juga Kez...
    ak kul di UNS solo, do u know ? haha...

    BalasHapus
  3. ...salam kenal..aku cynthia,,btw aku adik tingkatmu loo..kalo g salah angkatan mb.prita ya? anw,..thx udah follow blogku:) aku folback ya..

    sharenya bagus,,,hehehe...Whuaa TA...masih lama...hrgghh..

    BalasHapus
  4. @cyn : Iyaa..ak tau koq, cuma gak knal aja yaa....
    Yup, thx for following my blog ^^


    Hhehehe... masih lama dek, tapi gak akan berasa...tau2 TA deh. Siapin diri baek2 mulai skrg yaa...

    BalasHapus