Ada kesalahan di dalam gadget ini

Senin, 01 Agustus 2011

BUKTI CINTA ORTU KEPADA ANAK – Menolong anak2 mengalami keselamatan


Cinta butuh pembuktian. Demikian juga cinta ortu kepada anak-anaknya. Nah, apa bukti cinta yang harus dinyatakan orang tua kepada anak2nya (khususnya dalam hal rohani) ?
Seri MENJADI MURID SEJATI akan membahas setiap minggunya mengenai bukti cinta ortu kepada anak2nya. Cekidot!

Sebagai ortu sering kali ditanya , “Apa yang akan diberikan kepada anak-anak ?”
Ortu yang baik akan menjawab : “Saya akan memberikan waktu terbaik, pendidikan terbaik, kegiatan yang membangun watak, dll.”
Jawaban2 itu tidak salah. Namun perlu dipikirkan tentang prioritas2 yang seharusnya disusun untuk anak2 kita.
Prioritas apakah yang perlu dilakukan sbg bukti cinta kpd anak2 :

A.   Menolong anak2 mengalami keselamatan
Mengapa ?
Karena  ;
a.    Keselamatan adalah perubahan status dari orang berdosa menjadi anak Allah, terpisah dengan Allah menjadi orang yang bersekutu dng Allah, dibebaskan dari belenggu dosa menjadi hamba kebenaran. Atau dengan kata lain, keselamatan adalah perubahan.
b.    Keselamatan adalah dibebaskan dari murka Allah yg kekal dan mendapatkan kepastian masuk ke Surga.
Menolong anak2 mengalami keselamatan adalah menolong anak2 memiliki kepastian masuk Surga, diubah dari bermusuhan dengan Allah menjadi hubungan yang intim dengan Allah. Keselamatan bukan hanya bicara tentang masuk Surga.
Markus 8:36  “Apa gunanya seseorang memperoleh seluruh dunia tapi kehilangan nyawanya ?”
Seluruh dunia = kekayaan, hikmat, kepandaian, dll. Apa arti memperoleh semua itu tetapi nyawanya hilang scr kekal (mendapat murka Allah) ?
Kita tidak tau sampai batas berapa umur anak2 kita, lalu apa gunanya memberikan hal2 seluruh dunia itu ?
I Yoh 3 : 6,9
Setiap org yg lahir dari Allah tidak akan terus-menerus berbuat dosa (doesn’t continue to sin). Karena punya benih Illahi. Org yg blm diselamatkan, hidupnya diperintah oleh dosa. Apapun pendidikan, pembinaan watak yg diberikan tidak akan membuat anak2 memiliki cara hidup yg baik dan berkenan kepada Allah. Diselamatkan artinya memiliki sifat2 baru yg membuat tidak terus berbuat dosa , kemampuan tidak berbuat dosa (punya benih Illahi).
Dilahirkan oleh Allah = menjadi anak2 Allah. Orang yang masih dikuasai dosa itu terpisah dr Allah, hidupnya tanpa keterlibatan dengan Allah.


Apa artinya memiliki seluruh dunia tapi tidak ada Pribadi yg menjamin ?


Roma 4 : 7-8
Tdk ada seorangpun yang lepas dari rasa bersalah dan luka2, kemarahan, kekecewaan, anak2 akan menimbun luka itu dan melukai anak2nya kelak. Ketika mengalami keselamatan, dosanya ditutupi, punya kemampuan untuk mengampuni orang2 yang membuat dia terluka. Menerima keselamatan juga berarti diampuni dan mengampuni.
Bagaimana caranya?
1.       Ortu sendiri harus orang yang sudah diselamatkan
Mengaku diri Kristen belum tentu diselamatkan, melayani belum tentu diselamatkan. Ortu yang hanya merasa diselamatkan akan terus saling melukai, dan terus berbuat dosa.
2.       Ortu perlu punya keterampilan bagaimana menjelaskan Injil kepada anak2.
a.   Belajar metode menjelaskan (pakai buku tanpa kata : hitam, merah, putih, kuning; buku hati manusia), ilustrasi jembatan.



b.  Sejak kecil anak2 diajak membaca Alkitab (lewat cerita2 Alkitab anak2 diajak mengambil keputusan terima Yesus)

c.       Ikutkan anak2 ke persekutuan, kebaktian rohani
d.      Mendoakan anak2 (Rm 10:1)
e.      Menunjukkan keseriusan dlm perkara rohani = bukan pelayanan dan perkataan rohani, tetapi cara hidup rohani yg ditunjukkan dengan permbicaraan bernilai rohani, ortu punya HPDT yg bisa dilihat oleh anak2.





Live streaming Menjadi Murid Sejati 25 Juli 2011(Bp. Gunawan Sri H)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar